Kurangi Kemacetan, Jalan Tol Sepanjang 18 Km Mau Dibangun di Puncak, Catat Rutenya

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 1 April 2023 | 21:00 WIB

Untuk mengurangi kemcetan, pemerintah berencana membangun jalan tol di jalur Puncak sepanjang 18 km. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Pemerintah melalui Kementerian PUPR menyusun rencana untuk membangun jalan tol di jalur Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit membeberkan progres terkini dari rencana pembangunan jalan tol tersebut.

"Saat ini sudah diberikan izin untuk kajian studi PT Matrasarana Arsitama dan Swoosh Capital KFT," kata Danang, dikutip dari Kompas.com, Selasa (29/3/2023).

Danang melanjutkan, Tol Caringin-Puncak (Cianjur) tersebut masuk ke dalam rencana umum jaringan jalan tol yang akan dibangun atau beroperasi pada tahun 2030-2034.

Sebagai informasi, rencana pembangunan jalan tol di jalur Puncak pertama kali disampaikan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian pada Juni 2022 lalu.

Hedy mengatakan, jalan tol tersebut akan membentang sepanjang 18 km dengan rute Caringin-Cianjur-Gunung Mas.

Pada saat itu, pihaknya sedang membuat alternatif perencanaan hingga model bisnisnya atau masih dalam proses pra-feasibility study (FS).

"Sehingga nantinya akan melihat kelayakan finansial seperti apa, serta model investasi juga harus dikedepankan," ujar Hedy, dikutip dari situs resmi BPJT.

Sementara itu, Sekretaris BPJT Triono Junoasmono menambahkan, adanya rencana pembangunan Jalan Tol Caringin-Cianjur diharapkan agar kemacetan sepanjang 18 kilometer di wilayah Puncak bisa jauh berkurang.

Baca Juga: Dibuka Untuk Jalur Mudik Lebaran 2023, Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Bisa Dilintasi Gratis

"Kalau ini bisa didukung, kita bisa melaksanakan proses AMDAL dan FS pada tahun 2023, kemudian pengadaan tanah pada tahun 2024, dan konstruksi bisa di mulai pada tahun 2026," kata dia.

Namun, dia berharap nantinya ada pemrakarsa yang menyambut rencana pembangunan jalan tol Puncak agar prosesnya bisa lebih cepat.

"Mudah-mudahan bisa dipercepat jika ada pemrakarsanya, namun tetap memperhatikan tantangan yang pastinya akan banyak dalam pelaksanaan konstruksi di lapangan," ujar Triono.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Rencana Jalan Tol Puncak, Ini Kabar Terbarunya