Lonjakan Arus Mudik 2023 Diprediksi Terjadi di Empat Gerbang Tol Utama, Begini Persiapan Kemenhub

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 20 Maret 2023 | 09:31 WIB

Kemenhub memprediksi lonjakan arus mudik 2023 akan terjadi di empat gerbang tol utama, begini persipannya. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan terjadi lonjakan arus mudik 2023 di empat gerbang tol utama.

Maka dari itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar rapat korrdinasi di Kantor Jasa Marga KM 70B, Minggu (20/3/2023).

Pada rapat tersebut, pihaknya membahas soal langkah antisipasi dan persiapan mengahadapi lonjakan pengguna mobil di jalur mudik 2023 di Tol Jakarta ke arah Cikampek, Cipali, sampai Semarang.

Jumlah pengguna mobil yang akan melintasi tol di atas sebagai jalur mudik 2023 diperkiarakan meningkat dibandingkan periode mudik lebaran tahun lalu.

"Persiapan kita lakukan sejak dini, sehingga kita bisa lebih siap dan masih punya waktu untuk memperbaiki kekurangan yang masih ada," kata Menhub.

Menhub menjelaskan, potensi pergerakan masyarakat di masa mudik 2023 mencapai 123,8 juta orang.

Pengguna kendaraan pribadi berupa mobil menjadi pilihan tertinggi masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

Diprediksi jumlahnya mencapai 27,32 juta orang atau 22,7% dari total pergerakan.

Berdasarkan prediksi Jasa Marga, kendaraan yang akan melintas di empat gerbang tol utama yaitu Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip Utama, akan lebih tinggi dibandingkan mudik Lebaran 2022 lalu.

Baca Juga: Mobil Pribadi Jadi Angkutan Favorit Pemudik, Menhub Antisipasi Lonjakan Kendaraan di Jalur Tol Cikampek-Cipali