Mulai Minggu Pukul 00.00 WIB Tarif Tol Kunciran–Serpong Naik Jadi Segini

M. Adam Samudra - Jumat, 17 Maret 2023 | 06:06 WIB

Tol Kunciran- Serpong (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.325/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Kunciran–Serpong, mulai 19 Maret 2023 pukul 00.00 WIB.

Hal ini seperti disampaikan oleh Oemi Vierta Moerdika selaku Presiden Direktur PT Marga Trans Nusantara Plaza Tol Parigi.

"Penyesuaian tarif tol secara reguler merupakan bagian dari wujud kepastian dari skema pengembalian investasi pembangunan jalan tol sesuai dengan business plan untuk membangun iklim investasi jalan tol yang kondusif," kata Oemi melalui keteranganya, Kamis (16/3/2023).

Penyesuaian tarif regular juga telah diatur pada pasal 48 ayat (3) Undang-undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang No. 02 Tahun 2022 dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2021.

Besaran penyesuaian tarif ini juga dihitung berdasarkan besaran tarif lama yang disesuaikan dengan tingkat inflasi daerah.

Sekadar informasi, jalan Tol Ruas Kunciran–Serpong sepanjang 11,135 km yang dikelola oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), salah satu anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2)

Jalan tol ini diharapkan dapat memecah konsentrasi lalu lintas baik yang ada di dalam kota Jakarta, maupun JORR 1.

Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Jakarta – Tangerang, Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran, Jalan Tol Pondok Aren – Serpong, serta Jalan Tol Serpong – Cinere, sehingga menjadi satu jaringan jalan yang sangat mendukung percepatan pergerakan orang dan barang dari dan ke wilayah sekitar Jakarta, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Baca Juga: Awas Kejebak Macet, Ada Rekonstruksi Rigid Pavement di Tol Jakarta-Cikampek

Ini dia penyesuaian tarif pada Jalan Tol Kunciran–Serpong menjadi sebagai berikut:

Asal Perjalanan JC Kunciran, tujuan Parigi