Musim Hujan Jalan Berlubang Ini Komponen Bagian Mobil yang Rawan Rusak

Rudy Hansend - Kamis, 2 Maret 2023 | 12:00 WIB

Komponen mobil cepat rusak saat melintas jalan rusak (Rudy Hansend - )


GridOto.com - Musim hujan, ini komponen bagian kaki-kaki mobil yang rawan rusak, saat melintas jalan rusak dan berlubang.

Kondisi jalanan saat musim hujan umumnya tergenang oleh air, terlebih yang berlubang.

Akibatnya, tidak jarang mobil terperosok ke dalam lubang jalan yang tergenang oleh air hujan tersebut.

Hal ini tentu saja membahayakan, selain itu juga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan suspensi mobil.

Pemilik bengkel Didi Kusuma mengatakan, kondisi jalan rusak dan berlubang dan tergenang air, akan membuat karet-karet bushing kaki-kaki mobil, ban dan shockbreaker menjadi rawan rusak.

"Mobil yang sering melewati jalan rusak risiko kerusakan komponen kaki-kaki. Suspensi depan, belakang, jika rusak laju mobil tak stabil," kata Didi kepada GridOto, Kamis (2/3).

Saat mobil dalam kecepatan rendah, akan mengeluarkan bunyi berdecit, artinya komponen yang dilengkapi shaft atau bearing sudah tergerus.

"Komponen seperti ball joint, tie rod, ban dan shockbreaker itu yang gampang rusak, saat melintas jalan berlubang," kata didi.

Saat jadi tumpuan beban keseluruhan, komponen yang rusak memindahkan beban berat ke komponen lainnya yang saling tersinkronisasi, hal itu membuat kerusakan menjalar.

Baca Juga: Waspada Jalan Berlubang di Jakarta Sekitarnya, Bahaya Mengintai 

Komponen kaki-kaki yang dilengkapi bushing karet, jika terkena air dari jalan rusak dan berlubang di dalamnya bisa berkarat.

Jadi jika mobil sobat sering melintas jalan rusak dan berlobang harus rajin cek bagian kaki-kaki, ban dan shockbreaker agar kendaraan menjadi nyaman saat digunakan.