Yakin Pindah ke Motor Listrik? Ada Kebiasaan Yang Harus Diubah Sebelum Berkendara

Dimas Pradopo - Selasa, 28 Februari 2023 | 09:10 WIB

Motor listrik Alva One (Dimas Pradopo - )

GridOto.com - Yakin mau pindah ke motor listrik? memang terdengar menyenangkan ya dengan beragam kelebihan mengendarai motor listrik.

Mulai dari tak perlu antri beli BBM di SPBU, ramah lingkungan, iming-iming biaya operasional harian yang lebih murah, minim perawatan hingga desainnya yang unik tak seperti motor kebanyakan.

Tapi.. sebenarnya memiliki dan menggunakan motor listrik membutuhkan adaptasi. Ada beberapa penyesuaian perilaku yang harus dilakukan.

Dan ada satu hal yang saya rasakan cukup merepotkan di awal-awal menggunakan motor listrik. Yaitu tak bisa lagi bebas pergi sesuka hati.

W Moto

Jika anak motor sering bilang "no plans, no maps, no gps, just ride!", saking bebasnya bisa kemana saja, pakai motor listrik hal itu tidak 100% bisa dilakukan.

Yang ada, kita harus detail menentukan tujuan perjalanan lengkap dengan mengkalkulasi jarak yang akan ditempuh disesuaikan dengan range atau kemampuan jarak jelajah motor listrik kita. Makin repot jika tujuannya ada beberapa titik hehe.

Nah, sebelum melakukan perjalanan saya harus membiasakan diri membuka maps, memperkirakan mau ke mana saja.

BMW CE04

Ini rutin dan wajib dilakukan untuk penggunaan jarak menengah seperti rutinitas ke kantor atau jarak jauh seperti ketika jalan-jalan ke Bogor naik Alva One.