Kemenhub Siapkan 10 Ribu Slot Angkutan Motor Gratis Buat Mudik Lebaran 2023, Berikut Tata Cara Pendaftarannya

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 23 Februari 2023 | 13:20 WIB

Kementerian Perhubungan siapkan 10 ribu slot mudik motor gratis (Motis) 2023 (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), kembali menggelar program motor gratis (Motis) untuk angkutan lebaran 2023.

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono, Motis merupakan program rutin tahunan DJKA dengan kapasitaas lebih besar dibanding tahun lalu.

"Tahun ini kami akan siapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang," ujar Djarot dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/2/2023).

"Terlebih pada tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif, " sambungnya.

Adapun Motis 2023 akan melayani tiga lintas pelayanan, di antaranya Lintas Utara dengan rute Cilegon-Jakarta dan Gudang-Semarang Tawang.

Kemudian Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang-Purwosari dan Lintas Selatan dengan rute Kiraracondong-Purwosari.

"Dengan tiga lintas pelayanan angkutan motis pada tahun ini, diharapkan perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodir dengan baik," ungkapnya.

Buat sobat GridOto.com yang tertarik, pendaftaran program motis 2023 akan dimulai pada tanggal 1 Maret sampai 3 Mei 2023.

Baca Juga: Ada Angkutan Motor Gratis Buat Lebaran 2023, Cek Syaratnya

Sementara angkutan mudik motis akan diselenggarakan pada 11 sampai 20 April 2023, serta angkutan balik dilaksanakan pada 25 April sampai 4 Mei 2023.

Untuk lebih lengkapnya berikut cara mendaftar Motis 2023:

1. Masa periode pendaftaran 1 Maret-3 Mei 2023.

2. Calon pendaftar yang memiliki tiket mudik kereta api atau moda lainnya terlebih dahulu dengan nama, tanggal keberangkatan dan kota yang sama

3. Pendaftaran dilakukan melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan seluruh stasiun yang melayani program Motis.

4. Membawa kelengkapan KTP, SIM, Kartu Keluarga, STNK.

5. Besaran motor tak lebih dari 200 cc.

6. Setelah melakukan pendaftaran, pendaftar melakukan verifikasi di stasiun yang ditunjuk.

7. Setelah pendaftaran disetujui, serahkan motor yang akan dikirim ke stasiun yang telah ditentukan, maksimal 1 hari sebelum tanggal keberangkatan dan diambil di stasiun tujuan maksimal 1 hari setelah motor tiba dengan membawa bukti daftar dan bukti kirim.

8. Petugas akan mengosongkan tangki BBM motor penumpang pada saat motor akan dinaikkan ke rangkaian kereta api untuk dikirimkan.