Ada Angkutan Motor Gratis Buat Lebaran 2023, Cek Syaratnya

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 22 Februari 2023 | 08:58 WIB

Program angkutan motor gratis (motis) hadir lagi buat mudik Lebaran 2023. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka lagi program angkutan motor gratis (motis) menggunakan kereta api, khusus untuk arus mudik dan balik Lebaran 2023 mendatang.

Dengan adanya program angkutan motor gratis ini, para pemudik bisa melakukan perjalanan tanpa harus berpanas-panasan di jalan raya.

Selain itu Kemenhub juga ingin menekan angka kecelakaan saat mudik Lebaran 2023 dengan menggelar program angkutan motor gratis tersebut.

Mengingat para pemilik motor bisa mudik menggunakan kereta api, yang dinilai lebih nyaman dan aman.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono menjelaskan, program angkutan motis saat Lebaran 2023 tidak sama seperti tahun sebelumnya.

Soalnya gerbong barang yang mengangkut motor para pemudik, nantinya disambung dengan gerbong penumpang yang artinya keduanya diberangkatkan bersamaan.

Lalu dalam program ini ada tiga lintasan yang disediakan, yakni lintasan Utara dengan keberangkatan dari Cilegon-Pasar Senen-Semarang Tawang atau sebaliknya.

Lalu lintasan Tengah Jakarta-Purwosari pulang pergi (PP) dan lintasan Barat Selatan yakni Kiaracondong-Purwosari PP.

"Kemudian secara tarif juga cukup murah, yakni antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang, ini sudah untuk dua tiket buat penumpang dan motornya," kata Djarot, dikutip dari Kompas.com, Senin (20/02/2023).

Baca Juga: Tol Yogyakarta-Solo Dibuka Lebaran 2023, Dari Timur Bisa Keluar di Klaten?