Aturan Tol Kayuagung-Palembang Makin Ketat, Kendaraan ODOL Bakal Diminta Putar Balik

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 26 Januari 2023 | 14:25 WIB

Kendaraan ODOL bakal diminta putar balik dan dilarang masuk Jalan Tol Kayuagung-Palembang. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Truk Over Dimension Over Load (ODOL) bakal jarang melintas lagi nih di Jalan Tol Kayuagung-Palembang, Sumatera Selatan.

Soalnya sebelum masuk Jalan Tol Kayuagung-Palembang, petugas bakal melakukan pemeriksaan dan truk ODOL nantinya diminta buat putar balik.

Langkah ini sengaja dilakukan PT Waskita Sriwijaya Tol selaku pengelola Jalan Tol Kayuagung-Palembang, guna menyukseskan tahap transisi 2023 Zero ODOL dari Kemenhub.

Menariknya, kegiatan pemeriksaan truk tadi sudah dilakukan sejak Selasa (24/01/2023 di dua lokasi, yakni Gerbang Tol (GT) Kramasan dan Km 347A.

Manajer Operasional Waskita Sriwijaya Tol, Sabdo Hari Mukti menuturkan sosialisasi dan edukasi larangan kendaraan ODOL melintas di jalan tol sebetulnya sudah dilakukan sejak 15 Januari 2023 lalu.

Lalu untuk kegiatan pemeriksaan tersebut dilakukan rutin, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI dengan fokus menghalau truk dan kendaraan ODOL lain masuk ke jalan tol.

"Kami juga kerja sama dengan PJR Ditlantas Polda Sumatera Selatan," ungkap Sabdo, dikutip dari Tribunsumsel.com, Selasa (24/01/2023).

Sabdo menjelaskan, dalam pelaksaannya petugas menggunakan alat timbangan portabel atau Portable Weight In Motion dan dikombinasikan dengan pengukuran dimensi kendaraan.

Hal ini dilakukan guna memastikan dimensi dan berat kendaraan yang terjadi operasi gabungan tadi.

"Bagi kendaraan yang terbukti ODOL jelas akan mendapat teguran, edukasi dan atau sanksi sesuai peraturan yang berlaku," imbuhnya.