Siapkan Kocek Lebih, Berikut Daftar Mobil Baru Toyota yang Naik Harga Awal 2023 Ini

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 17 Januari 2023 | 19:15 WIB

Toyota terpantau menaikkan harga mobil barunya awal 2023 ini. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Sejumlah mobil baru dari PT Toyota Astra Motor (TAM) terpantau mengalami penyesuaian harga pada awal 2023 ini, dengan kenaikan tertinggi mencapai Rp 40 jutaan.

Adapun kenaikan harga mobil baru Toyota tersebut, didominasi oleh model yang masih diimpor secara utuh atau Completely Build Up (CBU) dari negara lain.

Sementara untuk model kendaraan yang sudah diproduksi secara lokal atau Completely Knock Down (CKD), rata-rata masih stabil alias tidak mengalami kenaikan harga dari Desember 2022 lalu.

"Iya, ada kenaikan harga Toyota pada Januari 2023. Tapi sebagian besar unit CKD enggak naik, lebih banyak unit CBU yang naik," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing TAM saat dihubungi GridOto.com, Senin (16/1/2023).

Lanjut menurut Anton, melonjaknya harga material dan inflasi jadi dasar pertimbangan pihaknya untuk lakukan penyesuaian harga pada awal tahun ini.

"Kenaikan harga ini secara general terjadi karena inflasi dan kenaikan harga material," ucap pria lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Senior Sales Auto2000 Permata Hijau di Jakarta Barat, Reza Prawira, menurutnya nilai tukar rupiah pada awal 2023 ini turut memberikan pengaruh terhadap perubahan harga.

"Rata-rata sih yang naik harga untuk model yang CBU, kalau diinfonya karena ada pengaruh nilai tukar dan biaya manufaktur," tutur Reza kepada GridOto.com, Selasa (17/1/2023).

Kenaikan harga pun bervariasi untuk setiap model, berdasarkan pricelist terbaru yang diterima GridOto mulai Rp 800 ribu hingga Rp 40 jutaan.

Baca Juga: Toyota Naikan Harga Sejumlah Produknya, Innova Zenix Ikutan Melambung?