Kota Magelang Kebagian Dua Exit Tol Yogyakarta-Bawen, Pembebasan Lahan Baru 70 Persen

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 13 Januari 2023 | 21:30 WIB

Ilustrasi. Dua Exit Tol Yogyakarta-Bawen bakal dibangun di Kota Magelang, Jawa Tengah. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Sebanyak dua Exit Tol Yogyakarta-Bawen dipastikan akan dibangun di Kota Magelang, Jawa Tengah pada masa mendatang.

Tepatnya di Kelurahan Tidar Utara, yang mana sudah dilakukan proses pembebasan lahan untuk Exit Tol Yogyakarta-Bawen sejak Rabu (10/01/2023).

Dilanjutkan dengan proses pembebasan lahan Exit Tol Yogyakarta-Bawen di Kelurahan Rejowinangun, Magelang yang dilakukan sejak Kamis (11/01/2023).

Dengan adanya proyek tersebut, banyak pihak yang berharap akses keluar tol bisa memberikan dampak positif terhadap Kota Sejuta Bunga ini ke depannya.

Salah satunya Joko Budiyono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, berharap proyek Exit Tol Yogyakarta-Bawen bisa menghidupkan ekonomi masyakarat.

"Jadi bagaimana caranya tol ini bisa menghidupkan kota dan jangan sampai cuma dilewati saja," sebut Joko dikutip dari Tribunjogja.com, Jumat (13/01/2023).

Perlu diketahui, proses pembebasan lahan untuk Tol Yogyakarta-Bawen di Kota Magelang tercatat sudah mencapai 70 persen.

Rencananya, pembebasan lahan terdampak proyek itu ditargetkan bisa selesai pada 2024 mendatang.

"Tahun 2024 akhi harus sudah selesai," ucap Joko.

Baca Juga: Belum Ada Kesepakatan, Tol Yogyakarta-Bawen Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Secara terpisah Lurah Tidar Utara, Sri Hartati menuturkan kalau ada sebanyak 69 bidang lahan yang terdampak proyek Tol Yogyakarta-Bawen.

Dari total 69 bidang lahan, ada sebanyak 25 lahan yang di atasnya merupakan rumah warga dan empat bidang lahan dengan bangunan fasilitas umum.

"Sepadan sungai sebanyak tiga bidang lahan, jalan satu bidang lahan dan sisanya kebun atau tegalan," pungkas Sri.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul 2 Kelurahan di Kota Magelang jadi Exit Tol Jogja-Bawen, Pemkot Berharap Berdampak Positif bagi Warga.