Enggak Perlu Panik Lupa Bawa Kartu Elektronik, Bayar Tiket Transjakarta Bisa Pakai GoPay Mulai Tahun Depan

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 14 Desember 2022 | 19:40 WIB

GoPay akan menjadi opsi pembayaran non-tunai di TransJakarta mulai 2023 mendatang. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Enggak perlu panik lagi deh kalau lupa bawa kartu elektronik, sebab pengguna Transjakarta bisa menggunakan GoPay sebagai opsi pembayaran non-tunai mulai tahun depan atau tepatnya Januari 2023 mendatang.

Adapun GoPay sebagai layanan dompet elektronik dari GoTo Financial, secara otomatis akan terintegrasi dengan aplikasi mobile TiJe untuk memudahkan pengguna TransJakarta dalam pembelian tiket.

Ini merupakan hasil kolaborasi GoTo dan Transjakarta, yang mana sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang berlangsung pada Selasa (13/12/2022).

Andre Soelistyo, CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) menuturkan, kolaborasi ini merupakan langkah lanjutan dan komitmen GoTo dalam mewujudkan ekosistem transportasi publik yang mudah dan nyaman.

Khususnya bagi warga Jakarta dengan tingkat mobilitas tinggi yang semakin mendekati kondisi sebelum pandemi Covid-19, yang mana kolaborasi tersebut menyasar sekitar 800 ribu penumpang Transjakarta per hari.

Dok. GoTo
(kiri - kanan) Hans Patuwo - Direktur GoTo, Head of Payments and Financial Services, Wishnutama - Komisaris GoTo, Andre Soelistyo - CEO GoTo melakukan penandatanganan nota kesepahaman MoU.

"Harapan kami, kolaborasi ini semakin meningkatkan kemudahan masyarakat dalam menikmati mobilitas yang cepat, aman dan didukung transaksi non tunai terintegrasi dari GoPay dan layanan Tije," ujar Andre dalam keterangan tertulis GoTo.

"Kami berharap ke depannya integrasi antara Tije dan GoTransit, akan memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat membantu pemerintah mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas Jakarta," imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama Transjakarta, Yana Aditya.

Menurutnya mobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi mengingatkan akan pentingnya kolaborasi dan integrasi dengan berbagai pihak, termasuk pelaku industri teknologi.