Bersihkan Throttle Body Lebih Aman Pakai Bensin atau Cairan Carburator Cleaner?

Isal - Kamis, 15 Desember 2022 | 18:10 WIB

Cairan carburator cleaner atau bensin, mana yang lebih aman buat bersihkan throttle body ? (Isal - )

GridOto.com - Banyak yang penasaran, sebenarnya bersihkan throttle body (TB) di motor, lebih aman pakai bensin atau cairan carburator cleaner?

Pasalnya, ada anggapan kalau bersihkan throttle body pakai bensin lebih aman dari pakai cairan carbon cleaner, benarkah demikian ?

"Kalau pada throttle body motor injeksi terdapat kumpulan sensor Modulated Air Quantity Sensor (MAQS), sebaiknya dibersihkan pakai bensin saja," ucap Fajar Delviandi, Head Of Mechanic KBA Garage kepada GridOto beberapa waktu yang lalu (11/22).

"Throttle body  yang terdapat MAQS sering ditemui di motor injeksi Yamaha," tambahnya.

Baca Juga: Tarikan Mesin Yamaha Lexi Terasa Berat, Cek Langsung Tiga Area Ini

Kumpulan sensor yang terdapat di MAQS seperti TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor) ternyata enggak boleh terkena sembarang chemical.

"Sebaiknya hindari bersihkan beberapa sensor MAQS dengan cairan carburator cleaner," jelas Fajar.

"Sebab jika terlalu sering bisa mengacaukan pembacaan sensor-sensor yang ada di MAQS," tambahya saat ditemui di bengkelnya yang ada di Jalan Serua Bulak Raya No.16, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Jika kalian terpaksa membersihkan throttle body yang terdapat kumpulan sensor MAQS dengan cairan carburator cleaner, sebaiknya hindari menyemprotkan langsung ke bagian dalam.

Isal/GridOto.com
Ilustrasi bersihkan throttle body dengan cairan carburator cleaner