Masih Ada Kendala di Proyek Tol Semarang-Demak Seksi 1, Ganjar Pranowo Siap Bikin Timsus

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 28 November 2022 | 21:15 WIB

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo siap bikin timsus untuk percepat penyelesaian masalah di proyek tol Semarang-Demak Seksi 1. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo ingin pengerjaan Tol Semarang-Demak Seksi 1 Kaligawe-Sayung bisa diselesaikan sesegera mungkin.

Hanya saja ada masalah cukup serius, yang membuat pengerjaan Tol Semarang-Demak Seksi 1 jadi terhambat hingga sekarang.

Yakni dengan adanya perdebatan, terkait status tanah musnah yang terdampak proyek Tol Semarang-Demak Seksi 1 dan besaran uang ganti ruginya yang membuat warga melakukan penolakan pembebasan lahan.

Untuk itu, Ganjar pun membuat tim khusus (timsus) guna membantu menyelesaikan masalah yang menghambat proyek tol tersebut.

"Tentu kami harus segera bereskan, karena sudah satu tahun setelah putusan dari pengadilan atas gugatan masyarakat terkait masalah ini. Penting untuk segera ditindaklanjuti agar tidak terlambat," ujarnya dikutip dari Tribunjateng.com, Jumat (25/11/2022).

Lanjut menurut Ganjar, apabila masalah tersebut tidak segera diatasi bisa memunculkan persoalan baru, khususnya terkait lalu lintas.

Mengingat pada saat Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak dibuka, justru membuat masalah lalu lintas di kedua wilayah bisa terselesaikan.

"Artinya kalau kemudian masyarakat ikhlas untuk membantu dengan tanah yang masih didebatkan statusnya musnah atau tidak tadi, maka sebaiknya dibantu penyelesaiannya karena kontribusi ini bisa membantu kelancaran di sana," ungkap Ganjar.

Apalagi Tol Semarang-Demak secara keseluruhan punya fungsi tambahan, yakni sebagai tanggul laut.

Baca Juga: Tol Semarang-Demak Seksi 2 Dibuka Dua Arah Secara Terbatas, Tidak Semua Kendaraan Boleh Melintas