Electrum Bidik 500 Unit Motor Listrik Buat Ojol Hingga Akhir 2022, Stasiun Penukaran Baterai Jadi Perhatian

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 20 Oktober 2022 | 15:05 WIB

Electrum targetkan 500 unit motor listrik hingga akhir 2022. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Perusahaan patungan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA), Electrum, ingin tutup 2022 dengan target 500 unit motor listrik.

Target ini bisa dibilang sangat memungkinkan untuk dicapai, mengingat jumlah kendaraan listrik yang dimiliki Electrum sudah tembus 400-an unit.

"Per hari ini sudah mendekati angka 500 unit, tapi yang didistribusikan masih di bawah 400 unit dan kami akan terus berupaya untuk menambah terus," ujar Patrick Adhiatmadja, Managing Director Electrum saat berada di Bali, Rabu (19/10/2022).

"Target sampai akhir tahun masih di angka 500 unit. Pastinya sudah mengalami kenaikan ya (jumlah unit) sejak pertama kali uji coba (Februari 2022)," lanjutnya kepada awak media.

Adapun ratusan unit motor listrik yang akan akan disewakan Electrum untuk mitra driver Gojek tersebut, berasal dari merek Gesits dan Gogoro.

"Saat ini masih lebih banyak Gogoro," tutur Patrick lagi.

Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Swapping station battery Electrum di salah satu SPBU Pertamina di kawasan Nusa Dua, Bali.

Selain menambah jumlah unit motor listrik untuk digunakan ojek online (ojol), stasiun penukaran baterai cepat atau swap station pun menjadi perhatian Electrum.

Mengingat pertumbuhan jumlah kendaraan listrik ini, juga harus dibarengi dengan ekosistem pendukungnya.

Baca Juga: Electrum Sediakan 50 Unit Armada Motor Listrik, Gratis Buat Panitia dan Delegasi KTT G20 di Bali

"Mulai tahun depan akan kami tambah (stasiun swap baterai). Kalau nambah motor tapi swap station enggak ditambah, ya akan terjadi yang namanya anxiety dari teman-teman rider Gojek," papar Patrick.

"Jadi urutannya gitu, tambah swap station dulu baru motornya. Untuk lokasi ya nanti lah, ini kami ada partner salah satunya Pertamina," pungaksnya.