Full Spek ala Motor Balap WSBK, Ducati Panigale V4R Resmi Meluncur

Muhammad Farhan - Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:05 WIB

Ducati Panigale V4R 2023 punya tenaga maksimal tembus 240 dk! (Muhammad Farhan - )

GridOto.com - Dibekali dengan kelengkapan full spek 'goib' ala motor balap WSBK, Ducati Panigale V4R 2023 resmi meluncur jadi motor terkencang di kelasnya!

Ducati Panigale V4R terbaru merupakan hasil karya divisi balap Ducati Corse, dibuat dengan spek makin mendekati besutan pembalap Alvaro Bautista di WSBK.

Hasilnya motor ini menjadi motor kelas seliter non turbo terkencang, sebab tenaganya kini tembus 240,5 dk.

Rahasianya terletak di sektor mesin, seperti ubahan di setang piston titanium yang kini diberikan jalur oli di tengahnya untuk melumasi area pin piston.

Seperti motor prototype di MotoGP atau mobil F1, bagian piston diberikan lapisan DLC (diamond like carbon).

Ducati
Tampak samping Ducati Panigale V4R 2023

Pakai piston yang bobotnya lebih ringan dari versi sebelumnya, dipadu lift camshaft lebih tinggi 1 mm dan intake lebih pendek 5 mm.

Bagian kopling kering diubah seperti yang dipakai motor WSBK, lebih kecil dan hasilnya lebih ringan 800 gram ditambah ubahan di sektor rasio transmisi.

Hasilnya limiter mesin bisa tembus 16.500 rpm di gigi 6, sementara di gigi lain hanya 16.000 rpm dan jika pakai knalpot standar maksimal di 15.500 rpm.

Tenaga maksimal tersebut bisa diraih dalam kondisi pasang knalpot racing Akrapovic, dipadu oli khusus dari Shell yang diklaim bisa menambah hingga 3,5 dk.