Menhub Dorong Organda Optimalkan Digitalisasi, Ini Tujuannya

M. Adam Samudra - Rabu, 7 September 2022 | 10:45 WIB

Terjadinya kenaikan harga BBM subsidi berbanding lurus dengan tarif angkutan umum yg ijuga ikut naik. (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mendorong Organisasi Angkutan Darat untuk konsisten meningkatkan pelayanan angkutan jalan, baik angkutan penumpang maupun barang.

Budi mengatakan, Organda sebagai satu-satunya wadah organisasi bagi para pengusaha angkutan jalan, menjadi mitra strategis pemerintah untuk membangkitkan kembali industri angkutan jalan.

“Saya berharap semangat transformasi yang sudah dicanangkan oleh Organda Pusat bisa ditularkan kepada teman-teman Organda di daerah,” ujar Budi, Rabu (7/9/2022).

Ia mengklaim, selama ini kolaborasi Organda berjalan dengan baik, khususnya pada saat masa mudik Lebaran dalam rangka menyediakan angkutan bus yang selamat, aman, nyaman, dan juga sehat.

Ia juga meminta Organda untuk lebih mengoptimalkan digitalisasi agar semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan jalan seperti bus.

“Terus memaksimalkan pemanfaatan e-ticketing bus, sehingga masyarakat bisa dengan mudah membeli tiket di mana saja,” tutur Budi.

Terkait adanya kenaikan harga BBM menyusul diterapkannya kebijakan pengalihan subsidi BBM, Budi mengatakan akan memberikan solusi bagi pelaku usaha angkutan jalan, tanpa memberatkan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Organda Adrianto Djokosoetono, menyatakan dukungannya untuk mewujudkan transformasi bidang usaha angkutan darat.

Baca Juga: Pawiba dan Organda Senada, Harga Pertalite Naik Bisa Bikin Tarif Angkutan Wisata di Bali Ikutan Meningkat

Ia mengatakan, saat ini pihaknya terus berkolaborasi dengan Kemenhub dan instansi terkait lainnya, untuk melakukan digitalisasi sistem seperti pendaftaran anggota, hingga perizinan.

“Tugas kita semua DPD atau DPC yang hadir pada hari ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dengan pemda setempat,” kata Adrianto.