Dimulai Tahun Depan, Begini Hitungan Poin Untuk Sprint Race MotoGP

Fendi - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 20:15 WIB

MotoGP tahun depan ada format balapan yang disebut Sprint Race (Fendi - )


GridOto.com – Dorna berencana memperkenalkan format balapan yang disebut Sprint Race pada musim MotoGP 2023 dan sudah diumumkan pada akhir pekan MotoGP 2022. Bagaimana format dan poin yang didapat di Sprint Race MotoGP?

Kabar akan diadakannya Sprint Race tahun depan, sudah bocor pada hari Jumat (19/8) di sela-sela akhir pekan MotoGP Austria 2022.

Kabar akan diadakannya Sprint Race di MotoGP 2023, telah memicu berbagai komentar di kalangan pembalap MotoGP, ada yang mendukung, menentang dan 'abstain'.

Sprint Race MotoGP ini akan menjadi format yang mengingatkan apa yang sudah berlaku di kejuaraan dunia Superbike atau WorldSBK.

Di WorldSBK, antara race 1 dan race 2 ada format balapan yang disebut Superpole Race.

Bos Dorna Sports Carmelo Ezpeleta memberikan penjelasan mengenai diadakannya Sprint Race di MotoGP 2023.

Tujuannya adalah untuk memberikan visibilitas yang lebih besar ke kejuaraan MotoGP, serta untuk menciptakan lebih banyak hiburan dan daya tarik.

Sprint Race MotoGP yang akan digelar pada Sabtu sore di setiap grand prix, berlangsung setengah jarak tempuh dari balapan normal.

Oleh karena itu akan memberikan setengah poin dan hanya untuk pembalap yang finish sampai 9 besar.

Baca Juga: Sprint Race Alias Balapan Sprint Resmi Dipakai di MotoGP 2023, Ada Pengurangan Sesi Latihan

Tetapi pada hitungan poin yang ganjil tidak ada poin setengah, misal pemenang yang biasanya dapat 25 poin, bukan mendapat 12,5 pin, tetapi 12 poin.