Sprint Race Alias Balapan Sprint Resmi Dipakai di MotoGP 2023, Ada Pengurangan Sesi Latihan

Rezki Alif Pambudi - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 19:30 WIB

MotoGP memakai sprint race alias balapan sprint mulai musim depan (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Dorna Sports, FIM dan IRTA resmi mengumumkan adanya balapan sprint alias sprint race mulai MotoGP 2023 mendatang pada sebuah konferensi pers spesial di MotoGP Austria 2022, Sabtu (20/8/2022).

Balapan sprint alias sprint race MotoGP 2023 ini bisa dikatakan meniru solusi yang telah terlebih dahulu dipakai F1 dan WorldSBK beberapa tahun belakangan.

Walaupun sama-sama mengusung nama sprint race, ada beberapa detail perbedaan sprint race MotoGP dengan F1 ataupun WorldSBK.

Pertama, balapan sprint alias sprint race ini akan digelar di seluruh Grand Prix MotoGP tahun depan.

Hal serupa juga dipakai Dorna Sports pada ajang WorldSBK, sedangkan di F1 sendiri baru memakai balapan sprint dalam tiga seri saja setiap musimnya di dua musim belakangan.

Perbedaan kedua ialah balapan sprint MotoGP ini tidak akan menentukan posisi starting grid, seperti halnya yang berlaku di F1 ataupun WorldSBK.

Starting grid masih akan ditentukan lewat sebuah kualifikasi, yang digelar beberapa jam sebelum balapan sprint.

Kemudian perbedaan ketiga adalah sprint race MotoGP akan menggantikan sesi FP4, sehingga dianggap tak ada beban kerja berlebih dibandingkan format sebelumnya.

Jadi jarak tempuh mesin, alokasi mesin, serta masalah biaya juga diasumsikan tidak membengkak karena perubahan format dengan adanya sprint ini.

Baca Juga: Hasil FP3 MotoGP Austria 2022 - Johann Zarco Sulit Dikalahkan, Fabio Quartararo Semakin Kuat