Akibat Kecelakaan Kereta Api vs Odong-odong, Komisi V DPR RI Minta Seluruh Perlintasan Sebidang Untuk Ditutup Saja

Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 30 Juli 2022 | 15:36 WIB

Fakta baru terkait kecelakaan kereta api dan odong-odong di Serang, Banten perlahan terungkap. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Insiden kecelakaan kereta api vs odong-odong yang terjadi di Serang, Banten menjadi perhatian banyak pihak.

Pasalnya kecelakaan kereta api vs odong-odong tersebut terjadi di pelintasan sebidang tanpa palang pintu.

Melihat hal ini, Lasarus selaku Ketua Komisi V DPR RI sampai meminta pemerintah untuk menutup seluruh perlintasan sebidang agar kecelakaan kereta api vs odong-odong tak terjadi lagi.

"Atas nama Komisi V DPR RI saya menyampaikan keprihatinan atas kecelakaan yang terjadi dan tentunya duka cita mendalam kepada seluruh korban yang berpulang akibat kecelakaan itu," ucapnya, dikutip dari Kompas.com, Kamis (28/07/2022).

Ia melanjutkan, Komisi V DPR RI ingin mengingatkan pemerintah bahwa insiden kecelakaan maut kereta api vs odong-odong ini menjadi bahan evaluasi.

Sehingga Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah bisa menggalakkan sosialisasi serta edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat.

Mengingat kejadian yang kerap terjadi di perlintasan sebidang kereta api masih jadi masalah klasik.

"Masalah tersebut akan terus berulang manakala kesadaran pengguna jalan yang kurang terhadap bahaya yang mengintai di perlintasan sebidang atau pengamanan pintu perlintasan sebidang yang lemah," ujar Lasarus.

Selain sosialisasi, pemerintah juga diminta untuk bekerja sama dengan instansi-instansi terkait guna menutup semua perlintasan sebidang.

Baca Juga: Fakta Baru Kecelakaan Maut Odong-odong vs Kereta Api Perlahan Terungkap, Tiga Korban Meninggal Masih Anak-anak