Ban Belakang Truk Tangki BBM Pertamina Kecelakaan Maut Cibubur Ternyata Sudah Gundul, Pakar Safety Ungkap Bahayanya

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 21 Juli 2022 | 16:40 WIB

Ban kiri truk Pertamina maut sudah botak (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Selain alami rem blong, ada fakta baru yang ditemukan dari truk tangki BBM Pertamina yang mengalami kecelakaan maut di Jalan Alternatif Cibubur, Bekasi, Jawa Barat.

Saat GridOto.com melihat kondisi truk tangki BBM Pertamina di Polres Metro Bekasi Kota, ban belakang sebelah kiri pada truk terlihat sudah gundul.

Instruktur Defensive Driving & Riding Global Defensive Driving Consulting (GDDC), Andry Berlianto, pun ikut menyoroti soal bahaya menggunakan ban gundul.

"Bahaya menggunakan ban guntul roda kehilangan traksi atau kemampuan ban dalam mecengkram aspal," ujar Andry kepada GridOto.com, Kamis (21/07/2022).

Menurutnya kondisi ban yang sudah gundul bisa menimbulkan bahaya mudah slip, hingga bisa saja berisiko kecelakaan.

Untuk menghindari risiko tersebut, Andry mengungkapkan ada baiknya mulai memerika kondisi ban dan mengetahui tanda-tanda ban harus diganti.

"Pahami usia ban, begitu ban dipasang umur ban akan sangat bergantung kepada pemakaian harian seperti kontur jalan, berat yang ditopang, serta rata-rata kecepatan si kendaraan," ungkap Andry.

Tidak lupa, Andry menyarankan memperhatikan tread wear indicator (TWI) atau indikator untuk mengukur tingkat kebotakan ban.

"Cek kualitas ban lebih dini dengan memperhatikan tread wear indicator yang ada pada dinding ban. Cek produksi ban ada kode digit usia minggu dan tahun produksi," pungkasnya.

Baca Juga: Fakta Baru Kecelakaan Maut Cibubur Ditemukan, Ban Truk Tangki BBM Pertamina Ternyata Sudah Gundul

Sekadar informasi, sebuah truk tangki BBM Pertamina menabrak 2 unit kendaraan roda empat dan 10 kendaraan roda dua di Jalan Alternatif Cibubur pada, Senin (18/07/2022) kemarin.

Insiden tersebut mengakibatkan 11 orang meninggal dunia dan enam korban lainnya luka-luka.

Adapun kecelakaan tersebut diduga karena rem truk tangki BBM Pertamina tidak berfungsi atau  mengalami blong.