Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022 Siap Digelar di JCC Senayan

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 20 Juli 2022 | 19:05 WIB

Focus Group Disscussion and Soft Launching Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 (Muhammad Mavellyno Vedhitya - )

GridOto.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) siap menyelenggarakan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada 8-10 September 2022.

Seperti yang disampaiakan Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dalam Focus Group Disscussion and Soft Launching Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.

"IEMS 2022 merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan sebagai ajang untuk menyosialisasikan tentang ekosistem kendaraan listrik, khususnya peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial," ujar Handoko di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Handoko mengatakan IEMS 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponennya.

Salah satunya untuk memacu perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dan menciptakan berbagai inovasi terbaru.

"Semoga perhelatan ini akan dapat memperkuat ekosistem (kendaraan listrik) otonom yang telah ada, sehingga ke depan, aktivitas riset dan inovasi dapat terus berkembang untuk menjawab tantangan bangsa di masa mendatang,” katanya

Selain itu, pameran akbar kendaraan listrik tersebut juga sebagai bagian dari upaya untuk menyambut kehadiran era kendaraan bermotor listrik di Indonesia.

Di mana trennya kini sudah mengglobal, termasuk saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diadakan di Bali.

Ketua panitia IEMS 2022, Barman Tambunan menuturkan sedikitnya ada 30 pemain, termasuk produsen di bidang kendaraan listrik yang bakal berpartisipasi dalam perhelatan itu.

Baca Juga: Fasilitas Kredit Perbankan untuk Kendaraan Listrik Belum Maksimal, Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

IEMS 2022 dilaksanakan dengan konsep hybrid exhibition dan seminar, talkshow, webinar, informasi riset dan beberapa kegiatan lain.

Contohnya seperti uji berkendara berbagai kendaraan listrik, dan mengunjungi laboratorium BRIN.

Untuk itu, IEMS 2022 diharapkan dapat menjadi wadah untuk bertransaksi kendaraan listrik, dan meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap jenis kendaraan tersebut.

"Kami siapkan satu area test drive (uji berkendara) dengan lokasi layak dan luas, lahan uji coba charging station, sehingga pengunjung bisa melihat teknologi charging kendaraan listrik," ujar Barman.