Bongkar Masalah Kaki-kaki Kawasaki KLX 150, Biaya Perbaikannya Mulai Rp 80 Ribu

Harun Rasyid - Sabtu, 18 Juni 2022 | 08:35 WIB

Kawasaki KLX 150 (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Perawatan kaki-kaki terhitung penting bagi motor trail seperti Kawasaki KLX 150 lansiran 2015 hingga saat ini.

Sebab jika kaki-kaki Kawasaki KLX 150 bermasalah, kenyamanan saat berkendara di jalan ataupun offroad bisa cukup terganggu.

Agung Agustian, Owner bengkel Abah Custom di Jakarta Timur mengatakan, kaki-kaki KLX 150 yang sering dipakai harian hingga offroad memang perlu rutin dicek.

"Biasanya setahun penggunaan sebaiknya dicek engsel-engsel di kaki-kakinya dari Unitrak, komstir, arm dan komponen lain yang kerjanya bergerak," ujarnya kepada GridOto.com belum lama ini.

Untuk kaki-kaki bagian depan, Agung menyebut jika komstir KLX 150 yang sudah bermasalah bisa ketahuan ketika motor dikendarai.

"Biasanya masalahnya itu keras untuk belok, jadi harus dibongkar. Penyebabnya bisa jadi kering sampai ada kerusakan di bagian bearing. Kalau kering cukup diberi grease saja, lalu disetel ulang," katanya.

Sementara jika bearing-nya sudah rusak, komstir KLX 150 sebaiknya diganti baru dengan harga sekitar Rp 80 ribuan.

Berikutnya pada kaki-kaki belakang, Agung biasa mengecek klaher bambu yang ada di bagian arm, rangka, dan monoshock-nya.

"Semua itu kami diperiksa. Jika hanya kotor, klaher bambu akan dibersihkan lalu diberi grease lagi. Tapi pastikan juga kondisi seal-nya masih bagus sebelum klaher dipasang kembali," jelasnya.

Baca Juga: Selain Lebih Murah, Ganti Kampas Kopling Kawasaki KLX 150 Pakai Punya Motor Ini Bikin Tarikan Lebih Responsif

Soal biaya perawatan kaki-kaki KLX 150 di bagian depan dan belakang, bengkel yang biasa menangani motor trail ini mengenakan tarif Rp 200 ribu.

"Ini baru jasa saja, belum termasuk spare part kayak bearing yang nantinya bisa saja diganti. Sedangkan harga satu klaher bambu, kalau yang KW sekitar Rp 120 ribuan. Jika mau yang orisinal harganya sekitar 80 persen lebih tinggi," terang Agung.

Isal/GridOto.com
Abah Custom, bengkel motor trail jadi rujukan komunitas Kawasaki KLX 150


Jadi jika sobat menemui masalah di kaki-kaki KLX 150, sebaiknya jangan langsung terburu-buru mengganti sokbrekernya.

"Masalah di kaki-kaki belakang membuat sokbreker jadi keras, padahal itu cuma komponen di Unitrak-nya saja yang bermasalah semisal karatan. Sehingga pergerakannya jadi enggak mulus," ungkap pria ramah tersebut.

Karena itu disarankan, perawatan kaki-kaki Kawasaki KLX 150 sebaiknya dilakukan setahun sekali khususnya untuk motor yang dipakai harian maupun offroad.

Abah Custom

Jl. Damai No.3, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Telp: 081310741884