Kenalin Bestie, Ini Mobil Mild Hybrid Pertama Suzuki di Indonesia

Dwi Wahyu R. - Senin, 23 Mei 2022 | 21:00 WIB

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia yang meluncur pada 2017 (Dwi Wahyu R. - )

GridOto.com - Suzuki Ertiga Facelift 2022 bakal diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia pada Jumat, 10 Juni 2022.

Suzuki Ertiga Facelift 2022 ini bakal dibekali dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid.

Suzuki Smart Hybrid merupakan salah satu teknologi elektrifikasi buat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang di Suzuki Ertiga Facelift 2022.

Ada dua komponen utama Suzuki Smart Hybrid, yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan dua buah baterai (baterai Lithium-Ion dan Lead-Acid).

ISG merupakan otak dari Suzuki Smart Hybrid, sederhananya ia adalah komponen yang menggabungkan motor starter dan alternator konvensional (generator) dalam satu unit.

Dok. Otomotif
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid (2017)

Baca Juga: Ditutup Biar Gak Ketahuan, Ini Senjata Baru Suzuki Ertiga di Indonesia

Jadi ISG ini bertanggung jawab menghidupkan mesin (starter), mengumpulkan energi listrik saat pengereman (regenerative braking) lalu menyalurkannya ke kedua baterai untuk disimpan, dan membantu kerja mesin saat berakselerasi.

Dua baterai yang dipakai di Suzuki Smart Hybrid adalah jenis Lithium-Ion dan Lead-Acid.

Aplikasi ISG dengan mesin konvensional (Internal combustion Engine, ICE) dan setup dua baterai ini umum disebut orang bule dengan nama Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV).