Jasa Marga Perbarui Aplikasi Travoy, Fiturnya Semakin Lengkap, Berguna Banget Saat Mudik

Harun Rasyid - Rabu, 27 April 2022 | 18:45 WIB

Ilustrasi aplikasi Travoy (Harun Rasyid - )

GridOto.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberi pengembangan pada aplikasi Travoy dengan tujuh fitur utama serta penyegaran pada user interface-nya.

Pengembangan aplikasi Travoy yang bisa dimanfaatkan untuk mudik lebaran ini juga dilakukan berdasarkan survei dari para pengguna aplikasi dan pengguna jalan.

Tujuannya agar aplikasi Travoy dapat membantu kebutuhan perjalanan dan mampu melengkapi aplikasi navigasi yang biasa digunakan masyarakat semisal Google Maps atau Waze.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, hasil survei tersebut akhirnya telah diaplikasikan ke dalam aplikasi Travoy versi 4.0.

"Setelah survei, kebutuhan yang mendominasi adalah mengenai kondisi lalu lintas, layanan customer care, dan alternatif rute perjalanan. Kebutuhan ini telah dikembangkan dalam tujuh fitur utama Travoy," ujar Heru dalam rilis resmi Jasa Marga, Rabu (27/4/2022).

Lebih lanjut, Jasa Marga mengklaim bahwa seluruh informasi yang ada di aplikasi Travoy selalu diperbarui selama 24 jam secara berkala.

Adapun pembaruan dan penambahan fitur aplikasi Travoy ini diharapkan dapat membantu pengguna saat dalam perjalanan arus mudik dan arus balik lebaran 2022.

Sehingga berbagai masalah seperti kendaraan terjebak macet, kekurangan saldo e-Toll, atau kesulitan menemukan titik rest area bisa diantisipasi.

Tujuh fitur Travoy terdiri dari empat fitur baru dan tiga fitur lama yang ditingkatkan efektivitasnya, yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Belum Juga Puncak Mudik Lebaran, Kemacetan di Pelabuhan Merak Bikin Masyarakat Ngeluh

1. Cek saldo: fitur ini berguna untuk mengecek saldo e-Toll dalam sekali tempel yang saat ini bisa digunakan oleh pengguna e-Toll Brizzi, e-Money dan Tapcash.

2. Struk digital: berguna untuk melihat riwayat transaksi tol dan mencetaknya dalam bentuk digital serta dapat berlaku layaknya struk.

3. CCTV Real Time: fitur ini memungkinkan pengguna melihat kondisi lalu lintas secara live dari 1.913 CCTV yabg tersebar di ruas jalan tol Jasa Marga.

4. Rest Area: fitur ini menampilkan informasi seputar rest area mulai dari lokasi, fasilitas, tenant, hingga kapasitas parkir.

Dok. Travoy
Ilustrasi fitur Rest Area di aplikasi Travoy

5. Tarif Tol: fitur ini dapat mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan selama perjalanan dengan menyediakan informasi seputar tarif tol berdasarkan golongan kendaraan.

6. Informasi Lalu Lintas Terkini: fitur ini mampu menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol.

7. Chat Us: berguna sebagai layanan customer service yang diakses melalui platform WhatsApp untuk membantu kebutuhan pengguna jalan dengan semakin cepat dan tepat.

Bagi sobat yang ingin mengunduhnya, Travoy sudah tersedia di Google Playstore untuk smartphone berbasis Android dan AppStore untuk gawai berbasis iOS.