Berharap Mudik Lebaran 2022 Lancar, Astra Infra Lakukan Cara Ini Demi Atasi Kecelakaan dan Bencana Alam di Jalan Tol

Harun Rasyid - Kamis, 21 April 2022 | 20:25 WIB

Ilustrasi mudik lebaran di Gerbang Tol Serang Timur, Jalan Tol Tangerang-Merak. (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Astra Infra selaku salah satu pengelola jalan tol di Indonesia telah menyiapkan berbagai langkah untuk mengatasi situasi darurat saat arus mudik Lebaran 2022.

Situasi darurat dalam mudik Lebaran 2022 di jalan tol, di antaranya kecelakaan hingga kejadian yang tidak diinginkan lainnya semisal bencana alam.

Sebab jumlah pemudik pafa arus mudik maupun arus balik di Lebaran tahun ini diprediksi meningkat dibanding 2019.

Kris Ade Sudiyono, CEO Toll Road Business Group Astra Infra mengatakan, kecelakaan di jalan tol saat mudik Lebaran merupakan hal yang tidak diinginkan pihaknya.

Tapi menurutnya, kecelakaan di jalan tol saat mudik Lebaran 2022 bisa dicegah dengan perilaku safety driving.

"Kami beberapa kali sudah mengkampanyekan safety driving, caranya yaitu pengguna kendaraan bisa mengatur batas kecepatan, mempersiapkan kondisi mobilnya agar tetap prima di perjalanan hingga saat menghadapi berbagai cuaca dan sebagainya," ujar Kris dalam konferensi pers hybrid, Rabu (20/4/2022).

Ia mengungkapkan, pihaknya juga telah menyiapkan petugas tol serta dari pihak Badan SAR Nasional (BASARNAS) demi menanggulangi kecelakaan saat musim mudik Lebaran.

"Kondisi darurat harus ditanggulangi secepat mungkin. Basarnas telah melakukan simulasi keselamatan pada kecelakaan di jalan Tol Tangerang-Merak. Mudah-mudahan kami bisa memiliki Standard Operational Procedure (SOP) penanganan kondisi darurat di jalan tol yang lebih baik," sebut Kris.

Selain itu, petugas layanan jalan tol dari Astra Infra, tim medis, rescue hingga ambulans juga sudah disiagakan selama 24 jam.

Baca Juga: Lokasi Transaksi Dipindah, Pemudik Enggak Perlu Bayar Saat Lewati Gerbang Tol Palimanan di Cipali

Lebih lanjut, kondisi darurat semisal kecelakaan juga dapat menimbulkan kemacetan sehingga Astra Infra telah menyiapkan tenaga pembersihan yang bekerja secepat mungkin di seluruh ruas tol miliknya.

Untuk menangani masalah lalu lintas di tol akibat faktor alam seperti longsor dan sebagainya, Astra Infra juga akan menyiagakan alat berat.

Otomotif.kompas.com
Ilustrasi mudik Lebaran


Dengan hal tersebut, diharapkan mudik Lebaran 2022 bisa berjalan aman dan lancar.

Sebagai informasi, ruas tol yang dimilik Astra Infra di antaranya yaitu Tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Kunciran-Serpong dan Kebon Jeruk-Ulujami.