Mobil Diesel Isi BBM Tidak Sesuai Rekomendasi, Ketahuan dari Sini

Radityo Herdianto - Selasa, 19 April 2022 | 06:00 WIB

New Toyota Fortuner 2.8 (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Garansi Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova Diesel bisa gugur kalau pakai BBM tidak sesuai rekomendasi pabrikan.

Bahkan jika ingin membeli Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova diesel pembeli mesti tanda tangan surat perjanjian soal BBM yang digunakan.

Dalam surat tersebut tertulis bahwa garansi Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova diesel bisa gugur jika diisi bahan bakar diesel yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, yaitu Cetane Number (CN) minimal 51 dan kandungan sulfur minimal 50 ppm.

Buat informasi, garansi Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova diesel berlaku selama 3 tahun atau 100.000 kilometer mana yang tercapai lebih dulu.

"Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai surat perjanjian bisa menggugurkan garansi," jelas Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Rizky/Dok OTOMOTIF
Ilustrasi pompa pengisian Bio Solar di SPBU Pertamina

Baca Juga: Standar Euro 4 Berlaku, Pakai Bahan Bakar Biodiesel Masih Relevan?

Ia mengungkapkan, gugurnya garansi akibat tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai bisa terlihat dari catalytic converter.

Dalam servis berkala akan dilakukan pengecekan terhadap komponen tersebut.

"Kalau pakai BBM dengan sulfur di atas 50 ppm, dalam jangka panjang partikel sulfur akan terakumulasi di catalytic converter," terang Didi.