Pembebasan Lahan Jalan Tol Probolinggo-Besuki Capai 28,69 Persen, Telan Anggaran Hingga Rp 641 Miliar

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 26 Maret 2022 | 08:30 WIB

Ilustrasi. Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi segmen Probolinggo-Besuki. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Pembebasan lahan Tol Probolinggo-Besuki hingga Maret 2022 ini telah mencapai 28,69 persen, diklaim PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Selain itu juga sesuai dengan fokus pemerintah terhadap optimasi alokasi pendanaan untuk ruas jalan tol sepanjang 46 Km tersebut, yang dilaksanakan di Probolinggo hingga Simpang Susun (SS) Besuki.

Adapun total pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) mencapai sekitar Rp 641 Miliar, dengan menggunakan skema dana talangan perusahaan dan pembayaran langsung oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Sampai dengan saat ini, total tanah yang sudah dibebaskan untuk Segmen Probolinggo-Besuki adalah sebesar 28,69 persen yang terdiri dari 1.247 bidang," ujar Adi Prasetyanto, Direktur Utama JPB.

"Mayoritas merupakan lahan masyarakat di 20 desa, serta lahan fasilitas umum dan tanah khas desa," imbuhnya dalam siaran resmi Jasa Marga, Jumat (25/3/2022).

Tol Probolinggo-Besuki masuk ke dalam dua seksi sekaligus di Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, yaitu Seksi 1 Probolinggo-Paiton sepanjang 29,6 Km dan Seksi 2.1 Paiton-Besuki sepanjang 16,4 Km.

"Pembebasan lahan untuk masing-masing seksi yaitu Seksi 1 sebesar 35,29 persen dan Seksi 2.1 sebesar 18,47 persen," tutur Adi lagi.

Dengan progres yang berjalan saat ini, Adi pun optimis pengerjaan kontruksi untuk Segmen Probolinggo-Besuki dapat dilakukan akhir tahun ini dan selesai pada akhir 2024.

Jadwal konstruksi akan menyesuaikan dengan ketersediaan lahan, dengan minimal progress lebih dari 80 persen secara gate to gate.

Baca Juga: Penetapan Lokasi Tol Probolinggo-Banyuwangi Selesai Bulan Ini, Target Rampung 2025

Sehingga pelaksanaan konstruksi antara gerbang satu dengan yang lainnya tidak terputus di tengah, dan nantinya dapat dioperasikan secara menerus.

"JPB terus mendukung Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Lahan untuk mempercepat proses pembebasan lahan untuk Segmen Probolinggo-Besuki, agar target dari pengerjaan konstruksi bisa sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan," pungkasnya.

Lebih lanjut, segmen Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Pembebasan lahan lebih dari 80 persen ini harus tercapai antar tiga gerbang tol tersebut.