Penetapan Lokasi Tol Probolinggo-Banyuwangi Selesai Bulan Ini, Target Rampung 2025

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 13 Februari 2020 | 16:41 WIB

Sekertaris BPJT, Abram Elsajaya Barus bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anna dan Direktur Utama PT Jasa Marga Probolinggo-Banyuwangi (JPB), Dominicus Hari Pratama, Kamis (13/02/2020) (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) tengah dipersiapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Penetapan lokasi (penlok) untuk pembangunan jalan tol Probowangi Seksi 3 di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur diperkirakan akan selesai pada Februari 2020 ini.

Dikutip GridOto.com dari Surya.co.id, Sekertaris BPJT, Abram Elsajaya Barus saat berkunjung ke Banyuwangi bersama Direktur Utama PT Jasa Marga Probolinggo-Banyuwangi (JPB), Dominicus Hari Pratama, mengatakan bahwa mereka akan rapat bersama PT ASDP untuk membahas integrasi sistem terkait jalan tol, terutama integrasi masalah tiket.

Dalam kesempatan tersebut, Abram menjelaskan bahwa pengerjaan tol Probowangi terus dikerjakan.

(Baca Juga: Demi Keamanan, Underpass Kentungan di Yogyakarta Akan Diberi Pita Penggaduh, Apaan Sih Itu?)

"Untuk Banyuwangi, setelah penlok kami upayakan pembebasan tanahnya dan dalam waktu dekat mulai ada pembayaran," kata Abram.

Lanjutnya, ia berharap pembebasan tanah segera selesai dan konstruksi dapat segera bangun.

Dikutip GridOto.com dari Surya.co.id, Direktur Utama PT Jasa Marga Probolinggo-Banyuwangi (JPB), Dominicus Hari Pratama menjelaskan bahwa penlok untuk ruas Banyuwangi diperkirakan akan selesai pada Februari 2020.

"Kalau Surat Keputusan (SK) penetapan lokasi untuk wilayah Probolinggo dan Situbondo sudah diterbitkan," ujar Hari.

(Baca Juga: Longsor di Desa Sukatani Acam Sebagian Badan Jalan Tol Cipularang KM 118, Jasa Marga Pastikan Masih Aman Dilalui)

Lanjutnya, ia berharap SK untuk Banyuwangi dapat keluar satu bulan ini agar pembebasan lahan bisa dimulai pada bulan Maret.