Ferrari Juga Kritik Desain Mobil Mercedes di Tes F1 Bahrain, Tapi Bukan Soal Sidepod

Rezki Alif Pambudi - Jumat, 11 Maret 2022 | 15:15 WIB

Ferrari berikan kritik soal desain mobil Mercedes W13 (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Tim Scuderia Ferrari juga memberikan kritik soal mobil Mercedes W13 pada tes pramusim F1 2022 di Sirkuit Bahrain, tapi bukan sidepod.

Sejak hari pertama tes pramusim pada Kamis (10/3/2022) kemarin, Mercedes tampil dengan desain baru mobil W13 yang cukup radikal perubahannya.

Salah satu yang bikin heboh adalah soal sidepod yang sangat tipis, bahkan ada yang bilang bahwa Mercedes W13 tidak dipasangi sidepod.

Hal itu rupanya memancing reaksi keras dari beberapa pihak, terutama Red Bull yang menyebut desain sidepod Mercedes ilegal.

Saat ditanya legalitas sidepod Mercedes, Managing Director F1 Ross Brawn bahkan tak berani menjawab dengan tegas, karena regulasinya bisa ditafsirkan dengan sangat ekstrem dan rawan membuat perebatan.

Tapi bukan bentuk sidepod yang dipermasalahkan Ferrari, melainkan desain spion baru yang dibawa Mercedes W13.

Terlihat ada semacam elemen untuk mengalirkan angin pada mobil W13 yang dipakai Mercedes.

Twitter.com/AlbertFabrega
Desain spion Mercedes W13 dikritik Ferrari

"Saya pikir semangat soal regulasi ini, ada beberapa hal yang diperlukan. Untuk masa depan yang baik semua harus diarahkan," ungkap Mattia Binotto, Bos Ferrari dilansir GridOto.com dari Planet F1.

"Di masa lalu, kita semua selalu adu argumen soal spion yang seharusnya tak boleh dipakai untuk tujuan aerodinamika. Mereka harus melihat kembali," jelasnya.

Baca Juga: Terungkap, Ayah Pembalap F1 Nikita Mazepin Adalah Pendukung Presiden Rusia Vladimir Putin

Perlu diingat, pada 2018 lalu Ferrari juga memakai desain spion yang mirip dan banyak tim menentangnya hingga akhirnya FIA keluarkan larangan.

"Kupikir saat Mercedes mendesain mobilnya, jelas ada tujuan aerodinamika di spion itu dan ini harus dihentikan untuk masa depan, tanpa keraguan," tegas pria asal Italia ini.

"Karena risikonya di masa depan adalah semua orang akan mendesain spion yang terlihat seperti kapal luar angkasa," pungkasnya.