Jokowi Resmikan Ekspor Perdana Toyota ke Australia, Bangga Produk Rakitan Lokal Diterima di Luar Negeri

Naufal Shafly - Selasa, 15 Februari 2022 | 16:16 WIB

Seremonial ekspor Toyota Fortuner ke Australia (Naufal Shafly - )

GridOto.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengadakan seremonial pelepasan ekspor dua juta unit kendaraan, serta ekspor perdana mereka ke negara Australia pada hari ini, Selasa (15/2/2022).

Seremonial ekspor ini turut dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, beserta Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut bahwa pandemi Covid-19 bukan hanya menghadirkan ujian dan tantangan bagi semua pihak, utamanya bagi dunia usaha atau pelaku industri.

Melainkan juga membuka peluang untuk bisa mengambil kesempatan yang ada, seperti yang dilakukan Toyota dengan membuka peluang pasar baru.

"Peluang itu telah terbukti diambil oleh TMMIN dengan ekspor perdananya ke Australia," papar Jokowi dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Selasa (15/2/2022).

Presiden Jokowi menghadiri seremonial pelepasan ekspor Toyota Fortuner ke Australia

Sementara dalam kesempatan yang sama, Menperin menyampaikan pencapaian TMMIN ini merupakan salah satu milestone atau batu loncatan bagi kebangkitan produk otomotif Indonesia, yang secara kualitas sudah setara dengan produk global negara lainnya.

Menperin berpendapat ekspor ke Australia bukanlah suatu hal yang  mudah, sebab negara tersebut memiliki standarisasi yang ketat terkait spesifikasi bahan bakar, emisi dan keamanan.

Keberhasilan TMMIN mengekspor Toyota Fortuner ke pasar Australia menandakan industri otomotif Indonesia telah memiliki daya saing yang tinggi, sehingga produknya diminati di berbagai pasar  mancanegara.

“Setelah menembus pasar Australia, itu berarti Indonesia sudah melakukan ekspor ke empat benua di dunia yaitu Amerika, Afrika, Asia, Australia,” imbuhnya.