Polres Metro Depok Usulkan Kawasan Terminal Jatijajar Jadi Lokasi Street Race, Ini Alasannya

M. Adam Samudra - Rabu, 19 Januari 2022 | 09:40 WIB

Anak-anak tampak bermain di lahan parkir bus di Terminal Jatijajar, Kota Depok, Jawa Barat, yang kosong. (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Satlantas Polres Metro Depok memiliki rencana menggelar Street Race di Terminal Jatijajar Depok, Jawa Barat.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP Jhoni Eka Putra mengatakan, hal itu sesuai instruksi dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menginginkan adanya street race atau lintasan balap.

"Ada rencana tapi belum pasti, karena kami masih melakukan tahap pengkajian lokasi terlebih dahulu," kata AKBP Jhoni kepada GridOto.com, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya, dari hasil peninjauan di lokasi kawasan terminal Jatijajar sangat tepat untuk dijadikan Street Race.

Jhoni menyebutkan kriteria lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk street race harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya panjang jalur dan perizinan lokasi.

Dia mengatakan pihak kepolisian tidak bisa memilih sembarang tempat.

Nantinya dari telenta tersebut dapat dijadikan ajang promosi untuk kejuaraan nasional dan profesional.

"Selain meminimalisir adanya balap liar di sejumlah Jalan di Kota Depok, keberadaan street race dapat bermanfaat untuk memantau telenta pembalap di Kota Depok," paparnya.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut street race menjadi jawaban atas masalah balapan liar di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: Ajang Balap Liar Bakal Dilaksanakan di Bekasi-Serpong, Dirlantas : Kita Survei Dulu

"Perlu digarisbawahi bahwa kegiatan ini bukan seremonial, kegiatan ini akan berkelanjutan. Bulan depan rencananya di Serpong, doakan di Bekasi, Cikarang, segera bisa dimulai. Kalau kita bergerak bersama saya kira persoalan ini bisa kita selesaikan," kata Fadil Imran dalam jumpa pers di lokasi street race, Ancol, Minggu (16/1/2022).

Dia merencanakan street race akan digelar di Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, pada bulan depan.

Selain di Serpong, Fadil berharap street race juga dapat digelar di Bekasi, dan Cikarang, Jawa Barat.