Jadi Fitur Bawaan, Ini Fungsi Assist & Slipper Clutch di Yamaha R15 Terbaru

Muhammad Farhan - Kamis, 2 Desember 2021 | 12:20 WIB

Begini spesifikasi dan fitur motor baru Yamaha All New R15M Connected/ABS dan All New R15 Connected. (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Jadi standar di Yamaha R15 dan R15M Connected yang baru saja diluncurkan pada 1 Desember 2021 lalu, inilah fungsi fitur assist & slipper clutch.

Selain hadir di motor ini, fitur serupa juga bisa ditemui di motor sport Yamaha lain seperti V-Ixion R, MT-15, serta XSR-155.

Nah buat kalian yang belum tahu, fitur ini secara umum dibuat untuk meningkatkan kenyamanan serta keamanan berkendara bagi pengguna.

“Dengan adanya fitur assist and slipper clutch, tuas kopling jadi semakin ringan ketika dioperasikan,” ujar Radityo Andi Dharma, Manager Branding & Promotion Departement PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melalui virtual launching pada Rabu (01/12/2021).

Baca Juga: Tampang Baru Yamaha All New R15 Connected Bikin Top Speed Cepat Diraih

Buat kalian yang pakai motor untuk harian dan berada di kemacetan, tentu bikin jari tangan jadi enggak cepat lelah.

Sebab dalam kondisi stop and go, jari tangan kiri harus terus tarik lepas tuas kopling ketika harus pindah gigi atau menjaga putaran mesin.

Yamaha
Slipper Clutch Yamaha R15 Connected

“Sedangkan slipper clutch, berfungsi mencegah terjadinya slip pada roda belakang saat melakukan engine brake karena menurunkan gigi secara cepat,” lengkapnya.

Hasilnya engine brake akan terasa halus dan membuat roda belakang tetap berputar, sehingga motor bisa dikendalikan saat kondisi hujan dan jalanan licin.

Baca Juga: Yamaha R15M Mengaspal di Indonesia Dengan Teknologi Traction Control, Apa Fungsinya?