Begal Terus Beraksi dengan Modus Tanya Alamat hingga Tewaskan Pegawai Basarnas, Begini Cara Aman Mencegah Pembegalan

Harun Rasyid - Minggu, 21 November 2021 | 14:20 WIB

Ilustrasi para pelaku begal pepet dan menghajar korban hingga terjatuh. (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Kasus begal yang mengincar kendaraan maupun barang berharga lainnya, terus terjadi di berbagai wilayah.

Selain merampas kendaran dan barang berharga, pelaku begal juga tak segan melukai hingga mengincar keselamatan nyawa korbannya.

Yang terbaru, pelaku begal berinisal ADR (25) yang ditangkap kepolisian di Bogor beberapa hari lalu, tega menghabisi nyawa korbannya yang diketahui karyawati Basarnas saat menunggu ojek online di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain itu, dilansir dari Tribunnews.com, begal di Lampung berhasil merampas motor dengan modus pura-pura menanyakan alamat lalu menodongkan pisau ke bagian tubuh pengendara pada Rabu (16/11/2021).

Mengomentari kejadian ini Jusri Pulubuhu selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyebut, ada alasan khusus mengapa aksi begal terus mengincar para pengendara motor.

"Setiap hari masih ada saja kasus begal di berbagai daerah. Targetnya kebanyakan pasti motor karena lebih mudah dirampas dibanding mobil," ujarnya saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Karena itu menurut Jusri, pengendara motor sebenarnya bisa mencegah pembegalan dengan berbagai cara.

"Mencegah pembegalan bisa dimulai dari sisi pemotor yang tidak boleh mengundang perhatian pelaku begal. Misalnya dengan memakai perhiasan atau pakaian berwarna mencolok," katanya.

Baca Juga: Cuma Seorang Diri, Sopir Truk Duel Dengan Kawanan Begal di Rest Area Tol Cipali, Begini Akhirnya