Tekan Emisi Karbon, Dewan Energi Nasional Lakukan Strategi Ini Untuk Sektor Otomotif

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 18 November 2021 | 08:38 WIB

Ilustrasi pameran otomotif (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk menurunkan emisi karbon di Tanah Air.

Komitmen ini bakal menjadi kenyataan, karena pemerintah tengah menyusun roadmap atau peta jalan untuk menuju net zero emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

Untuk sektor otomotif, Satya Widya Yudha sebagai Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) mendorong Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk pemanfaatan energi ramah lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan saat menjadi narasumber di seminar dengan tema Multiple Pathway to Reduce CO2 Emission in Transportation Sector di GIIAS 2021 BSD, Tangerang Selatan.

"Di sini kita bersatu agar visi penurunan emisi karbon menjadi kenyataan, oleh karena itu perlu kebijakan yang sifatnya lintas sektor antara pemerintah dan manufaktur," ujar Satya dalam seminar GIIAS 2021 secara virtual, Rabu (17/11/2021).

Satya pun menjelaskan apa saja yang harus dibenahi untuk menurunkan emisi karbon khususnya sektor otomotif.

"Faktor yang mempengaruhi besaran emisi dari transportasi meliputi kondisi kendaraan, kualitas bahan bakar dan teknologi," terang Satya.

Adapun peningkatan emisi karbon akibat penggunaan bahan bakar terutama di sektor transportasi di dominasi oleh transportasi darat.

Baca Juga: Kemenkeu Terbitkan Aturan Pajak Mobil untuk Tekan Emisi Karbon, Berikut Daftar Tarifnya