Rayakan Kemenangan di F1 Brasil 2021, Lewis Hamilton Didenda Rp 81 Juta

Fendi - Senin, 15 November 2021 | 05:21 WIB

Lewis Hamilton melambaikan bendera Brasil saat victory lap menuju parc ferme di F1 Brasil 2021 (Fendi - )


GridOto.com – Start dari posisi sepuluh, Lewis Hamilton tampil beringas untuk meraih kemenangan di balap F1 Brasil 2021. Tetapi pembalap tim Mercedes ini kena denda Rp 81 juta lebih.

Lewis Hamilton sangat gembira menang di sirkuit Interlagos, Minggu atau Senin (15/11) dini hari WIB, setelah mengalahkan seteru beratnya, Max Verstappen.

Setelah melintas garis finish dan melakukan victory lap dalam perjalanannya ke parc ferme, Lewis Hamilton menerima bendera Brasil dari marshal.

Juara dunia F1 tujuh kali ini terlihat melepaskan seat belt saat masih di kokpit mobilnya untuk memegang bendera Brasil dan melambai ke arah penonton.

Akibatnya, Lewis Hamilton didenda 5.000 euro oleh race stewards FIA di sirkuit Interlagos, karena melanggar peraturan keselamatan (safety regulations) olahraga terkait sabuk pengaman (seat belt).

Denda itu setara dengan Rp 81,2 juta (kurs 1 euro senilai Rp 16,245 pada Senin, 15 November 2021).

Ini merupakan pelanggaran terhadap Lampiran L Bab III Pasal 4 FIA International Sporting Code (ISC).

Tetapi stewards memandangnya sebagai masalah yang relatif kecil yang ditangani dengan hukuman finansial sederhana dan bukan sesuatu yang berpotensi mempengaruhi hasil balapan.

Baca Juga: Pantang Menyerah, Lewis Hamilton Persembahkan Kemenangan di F1 Brasil 2021 untuk Ayahnya

"Pengemudi mobil 44, Lewis Hamilton, melepas sabuk pengamannya pada lap di akhir balapan," jelas pernyataan resmi dari stewards, dikutip GridOto.com dari f1i.com.

Ternyata ada denda tambahan yang mencapai ratusan juta rupiah.