Tanggal 11 November 2021 Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran Tidak Lagi Gratis, Ini Tarif Jarak Terjauh

M. Adam Samudra - Selasa, 9 November 2021 | 08:01 WIB

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran membentang sepanjang 14,19 Km (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) akan mulai diberlakukan tarif pada tanggal 11 November 2021 pukul 00.00 WIB.

Penerapan tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1317/KPTS/M/2021 tanggal 27 Oktober 2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran.

Direktur Utama PT JKC Dadan Waradia menyampaikan bahwa Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran dengan panjang sekitar 14.19 Km terintegrasi dengan jalan tol lain.

Salah satunya dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong melalui Kunciran Junction yang merupakan alternatif pengguna jalan wilayah Jabodetabek khususnya dari Tangerang Raya menuju Bandara Soekarno – Hatta.

“Pengguna jalan dari arah Pamulang saat ini memiliki alternatif rute menuju Bandara Soekarno-Hatta, dengan melintasi Jalan Tol Pamulang-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran,” ujar Dadan, Selasa (9/11/2021).

Dadan menambahkan, maka pengguna jalan yang menerus dari Pamulang menuju Bandara Soekarno-Hatta akan dikenakan tarif Jalan Tol Pamulang-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran, pada saat bertransaksi di Gerbang Tol (GT) Benda Utama.

Sebagai simulasi, untuk pengguna jalan golongan 1 yang melakukan perjalanan menerus dari Pamulang menuju Bandara Soekarno-Hatta akan dikenakan tarif akumulasi untuk Jalan Tol Pamulang-Serpong sebesar Rp 11.000.

Lain halnya Jalan Tol Serpong-Kunciran sebesar Rp 20.000 dan Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran sebesar Rp 25.500, pada saat bertransaksi di Gerbang Tol (GT) Benda Utama.

Baca Juga: Optimis Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Rampung Bulan Ini, PUPR: Proses Pembangunan Sudah 93 Persen