Pembebasan Lahan Empat Ruas Jalan Tol di Riau Ini Terkendala, Apa Penyebabnya?

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 20 September 2021 | 12:55 WIB

Ilustrasi jalan tol (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Progres pembangunan untuk empat ruas jalan tol di Provinsi Riau sepertinya bakal terhambat karena terkendala pembebasan lahan.

Tetapi kedala dalam proses pembebasan lahan untuk keempat ruas ini justru bukan datang dari masyarakat setempat.

Melainkan karena beberapa titik bidang lahan yang terdampak pembangunan berada di kawasan hutan.

Melansir dari Tribunpekanbaru.com, empat ruas yang terkendala masalah tersebut di antaranya dua seksi jalan tol Padang-Pekanbaru, yakni Seksi 5 Pangkalan-Bangkinan dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru.

Kemudian ditambah dua ruas lainnya, yakni jalan tol Pekanbaru-Rengat dan jalan tol Rengat-Jambi.

Sebagai bentuk upaya percepatan pembebasan lahan di empat ruas jalan tol ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah mengirimkan surat rekomendasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Gubernur Riau, Syamsuar sudah membuat rekomendasi kepada Menteri LHK untuk pembebasan lahan di kawasan hutan dan Menteri PUPR selaku pihak yang membutuhkan lahan untuk percepatan pembangunan jalan tol," ujar Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Mamun Murod, dikutip dari Tribunpekanbaru.com, Minggu (19/09/2021).

Setelah surat rekomendasi dikirimkan, maka Pemprov Riau tinggal menunggu Pemerintah Pusat mengakomodir usulan pembebasan lahan di kawasan hutan itu.

Baca Juga: Jasa Marga Lakukan Pemeliharaan Jalan di Tol Cipularang dan Padaleunyi, Bakal Tutup Sebagian Jalur, Berikut Titiknya