Figur - Harlan Fadhillah, Dulu Lawan Legenda Balap Road Race, Sekarang Ingin Bantu Pembalap Muda Indonesia Siap Mendunia

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 3 September 2021 | 18:05 WIB

Harlan Fadhillah, eks Rider yang ingin bantu pembalap muda go international (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Bagi para penggemar balap motor road race di Indonesia, figur Harlan Fadhillah mungkin sudah tidak asing lagi.

Apalagi, Harlan Fadhillah juga membalap bersama figur-figur lainnya yang menjadi bagian ‘era keemasan’ balap motor road race Indonesia di era ‘90-an akhir dan 2000-an awal.

“Setelah tahun 2000 itu saya naik ke kelas seeded,” ujar Harlan Fadhillah kepada GridOto.com di kawasan Sentul, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

“Jadi ketemu Hendriansyah, Ahmad Jayadi, Poppy (Rafid Poppy Sugiarto), Felix (Judianto), Dicky Setiawan, istilahnya orang-orang yang batu semua lah,” tawanya.

Meskipun begitu, Harlan mengaku tidak gentar menghadapi nama-nama besar tersebut berkat pelatihan yang diterimanya ketika menghadiri sekolah balap di Australia medio 90-an akhir.

Pelatihan yang ia terima pun cukup komprehensif, tidak hanya mengenai cara membalap namun juga mengenai komponen teknis sebuah motor balap.

“Saya masih ingat hari pertama sekolah itu bukan ngeliat sirkuit tapi ngeliat motor, jadi dari rangka sampai suspensi kami diajarkan fungsi-fungsinya dan dasar-dasar setting mereka juga,” ujar pria kelahiran 1983 itu.

Pendidikan tersebut pun ia manfaatkan untuk mengukir prestasi di dunia balap Indonesia maupun internasional.