Jangan Sampai Salah Beli, Ini Trik Mudah Cara Membaca Kode Aki Mobil

Rudy Hansend - Rabu, 14 Juli 2021 | 10:15 WIB

Aki Mobil (Rudy Hansend - )

GridOto.com - Semua pemilik mobil wajib tahu cara baca kode aki mobil biar enggak kesal karena salah beli atau ditipu pedagang nakal.

Seperti halnya komponen lain dari mobil, aki ini juga memiliki masa pakai.

Bisa habis seiring berjalannya waktu dan harus diganti agar performa mesin tetap terjaga.

Namun, ketika Anda berniat mengganti aki, harus dipahami terlebih dahulu kode aki yang sesuai dengan kebutuhan daya mobil.

Caranya, bisa dilihat dari kode yang terletak di bagian bodi atau buku petunjuk manual kendaraan untuk memastikan tidak ada kesalahan saat hendak mengganti aki.

Berikut, beberapa kode aki yang bisa dilihat, pada bodi aki mobil:

Standar Kode Aki Mobil

"Pada dasarnya, kode aki dituliskan mengikuti dua standar, yaitu Japan Industrial Standard (JIS) dan Deutsche Institut für Normung (DIN)," kata Waluyo pemilik toko Aki Jaya, Serpong Tangerang. Saat di hubungi GridOto.com Selasa (13/7/2021).

Tapi, yang lebih banyak beredar di pasaran adalah aki berstandar JIS karena sesuai dengan permintaan pasar yang lebih banyak kendaraan Jepang.

Baca Juga: Harga Aki Mobil per Juni 2021, Berikut Pilihan Merek dan Harganya

Perbedaan standar bisa dilihat pada letak kepala aki (kutub), tenggelam untuk aki tipe DIN dan muncul untuk aki tipe JIS (lebih tinggi).

Aki Japan Industrial Standard (JIS), contohnya saja Aki NS40ZLS. Pada aki ini N artinya Normal, S yang bermakna pengurangan daya aki sebesar 20 persen,