Pilih Sesuai Kegunaan, Ini Tiga Jenis Ban Pacul Buat Motor Trail

Muhammad Farhan - Jumat, 9 Juli 2021 | 18:40 WIB

Ilustrasi motor dengan ban motocross atau MX (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Pilih sesuai kegunaan dan konsep motor yang diusung, inilah tiga jenis ban pacul atau jenis tahu buat motor trail.

Ban motor dengan tapak atau kembangan kasar ini memang umumnya dibuat untuk motor off-road seperti trail, dual-purpose dan adventure.

Enggak sepenuhnya hanya bisa dan aman dipakai buat jalanan rusak, ban tersebut ada juga yang bisa dipakai di jalan raya yang mulus.

“Ban pacul, ban tahu atau ban knobby ini disebut demikian karena tapaknya yang kotak-kotak. Fungsinya supaya roda motor mendapat maksimal traksi saat berjalan di jalanan off-road,” terang Angga Kurniawan, owner bengkel Anjany Racing, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Tips Beli Motor Bekas, Ini Penyebab Bocor Halus Pada Ban Motor

Pertama adalah ban motocross, didesain khusus untuk off-road dengan pola kembangan kotak yang paling renggang untuk mendapatkan grip maksimal di jalan tanah.

Ban jenis ini bakal terasa licin saat dipakai di aspal khususnya saat kondisi basah, diperuntukkan buat motor off-road murni seperti motorcross atau enduro.

Dok. GridOto
Ilustrasi ban dual-sport di motor supermoto

Kedua adalah ban dual-sport, bisa digunakan di jalan tanah maupun aspal dengan pola kembangan kotak yang cenderung rapat dan pola tahunya tidak terlalu tinggi.

“Ban jenis ini cocok dipakai buat berbagai jenis motor, mulai dari supermoto, dual-purpose, tourer dan adventure karena bisa dipakai on-road dan off-road,” lengkapnya.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Jika Pakai Motor Trail dengan Ban Pacul di Jalan Aspal