Tanpa Sadar, Kebiasaan Ini Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Aus

Muhammad Farhan - Senin, 2 Agustus 2021 | 12:40 WIB

Tuas Kopling Terasa Keras Ini Penyebabnya (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Dilakukan secara tanpa sadar, ternyata beberapa kebiasaan ini menjadi penyebab kampas kopling motor transmisi manual cepat aus.

Bukan hanya dilakukan oleh pemula yang baru bisa belajar kopling, sebagian bikers yang sudah biasa bawa motor kopling pun masih ada yang melakukan kebiasaan jelek ini.

Dampaknya, kampas kopling yang seharusnya bisa awet lama pun jadi harus cepat ganti sehingga keluar biaya ekstra saat servis.

“Kesalahan paling umum yaitu kebiasaan meletakkan tangan di tuas kopling meski motor sudah dalam kondisi berjalan,” ungkap Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana Honda.

Baca Juga: Begini Cara Mudahnya Periksa Kondisi Rumah Kopling Tanpa Harus Bongkar

Ketika hal ini dilakukan, hasilnya pelat dan kampas kopling mengalami gesekan terus menerus jika kopling tidak sengaja tertekan dan jadi penyebab kampas kopling cepat aus.

Selain itu, efek sampingnya tenaga motor jadi tidak tersampaikan ke roda belakang secara maksimal walau mesin motor sudah bekerja keras.

otomotifnet
Selalu pindahkan ke gigi netral pada saat motor berhenti lama atau di lampu merah

“Sedangkan kesalahan lain yang biasa dilakukan adalah menahan tuas kopling saat berhenti lama seperti di lampu merah,” lengkapnya.

Dalam kondisi seperti ini, disarankan untuk pindahkan gigi motor ke posisi netral dan lepas kopling agar plat kopling di mesin tidak terus bergesekan.

Baca Juga: Ini Alasan Mekanik Merendam Kampas Kopling dengan Oli Sebelum Dipasang