Insentif PPnBM 100 Persen Bakal Diperpanjang, Toyota Enggak Khawatir Konsumen Tunda Pembelian

Naufal Shafly - Senin, 14 Juni 2021 | 14:20 WIB

Ilustrasi Booth Toyota di pameran otomotif Jakarta. (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Pemerintah kabarnya akan memperpanjang insentif PPnBM 100 persen untuk mobil baru berkubikasi hingga 1.500 cc sampai Agustus 2021 mendatang.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20/PMK.010/2021, insentif PPnBM 100 persen ini sejatinya sudah berakhir pada akhir Mei 2021 lalu.

Saat ini insentif PPnBM sudah memasuki tahap dua, yang mana potongan PPnBM diberikan pemerintah hanya 50 persen saja.

“Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa insentif PPnBM nol persen dapat diperpanjang," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dikutip dari Kemenperin.go.id, Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: Ternyata Kemenkeu Masih Mempersiapkan Perubahan Peraturan untuk Perpanjang Insentif PPnBM Nol Persen Hingga Agustus 2021

"Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengaku berterimakasih kepada pemerintah.

"Intinya kami berterima kasih kepada pemerintah yang terus memberikan dukungan kepada industri otomotif dalam negeri," ucap Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran TAM saat dihubungi GridOto.com, Senin (14/6/2021).

Namun, Anton menyebut pihaknya masih menunggu detail aturan dari perpanjangan insentif PPnBM 100 persen ini.