Street Manners: Agar Perjalanan Nyaman, Komponen Motor Ini Harus Dicek Sebelum Mulai Berkendara

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 5 Juni 2021 | 15:00 WIB

Ilustrasi berkendara yang benar di jalan raya. (Muslimin Trisyuliono - )


GridOto.com - Bagi sebagian besar orang, motor menjadi alat transportasi yang simpel dan banyak digunakan untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Tetapi tanpa disadari, kita sering melewatkan seperti pengecekan ringan sebelum berkendara.

Padahal selain untuk memastikan kondisi kendaran benar-benar sehat dan siap untuk digunakan, hal tersebut erat kaitannya dengan keselamatan di jalan raya.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ada komponen yang wajib diperiksa sebelum riding.

Baca Juga: Street Manners: Hindari Kecelakaan Tabrak Penyeberang Jalan yang Meleng dengan Lakukan Hal Ini

Andry Berlianto, Praktisi Defensive Riding dan Defensive Driving Indonesia mengatakan ada beberapa komponen yang harus dicek sebelum berkendara dengan menggunakan prosedur T-CLOCK.

T-CLOCK sendiri merupakan prosedur pengecekan kendaraan yang merupakan singkatan dari tires (ban), control (fungsi kontrol), lights (lampu dan kelistrikan), oil (oli dan cairan), chassis (rangka, suspensi dan rantai), dan Kickstand (standar samping dan tengah).

Namun, Andry menyederhanakan prosedur tersebut dengan istilah BROSS meliputi komponen pertama yakni ban.

"Kalau di luar ada istilah T-CLOCK, Nah mungkin bisa saya sederahanakan dengan istilah BROSS," ujar Andry kepada GridOto.com, Sabtu (05/06/2021).

Baca Juga: Street Manners: Catat! Begini Cara Riding Aman dan Nyaman Saat Cuaca Pancaroba

"Pastikan ban dalam keadaan baik tidak ada goresan yang menandakan pernah ada gesekan. Kemudian pastikan masih dalam keadaan baik tidak tipis atau alur habis, kempis dan banyak tambalan," sambungnya.