Tidak Dapat Relaksasi PPnBM, Ini Penjelasan Mitsubishi Soal Kandungan Lokal Pajero Sport

Naufal Shafly - Jumat, 2 April 2021 | 17:05 WIB

New Mitsubishi Pajero Sport facelift 2021. (Naufal Shafly - )

GridOto.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan penjelasan soal kandungan lokal Pajero Sport.

Hal ini terkait dengan tidak adanya nama Pajero Sport dari daftar mobil di bawah 2.500 yang berhak mendapatkan relaksasi PPnBM dari pemerintah.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian sebelumnya telah mengeluarkan daftar penerima PPnBM dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 Tahun 2021 tentang 'Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Pemerintah Pada Tahun Anggaran 2021'.

Dalam keputusan tersebut dijelaskan, salah satu syarat untuk menerima insentif PPnBM adalah kandungan lokal atau local purchase sebesar 60 persen.

Baca Juga: Sah! Menkeu Sri Mulyani Resmi Bebaskan PPnBM Untuk Mobil Baru Hingga 2.500 cc

Lantas, berapa kandungan lokal Mitsubishi Pajero Sport saat ini?

"New Pajero Sport tidak disertakan dalam program relaksasi PPnBM 1.500-2.500 cc, dikarenakan persentase kandungan lokalnya belum mencapai 60 persen sebagaimana disebutkan dalam kriteria," ucap Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura, saat dihubungi GridOto.com, Jumat (2/4/2021).

Ia menambahkan, sejauh ini kandungan lokal Pajero Sport masih di bawah 50 persen.