Pasang Catalytic Converter di Knalpot Racing, Bisakah Dilakukan?

Muhammad Farhan - Kamis, 25 Maret 2021 | 17:40 WIB

Ilustrasi letak catalytic converter tambahan di knalpot racing (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Pasang perangkat catalytic converter di knalpot racing aftermarket, bisakah dilakukan supaya meredam suara dan tetap ramah lingkungan?

Sebagai informasi, catalytic converter biasanya hanya ada di knalpot standar bawaan untuk memenuhi persyaratan emisi gas buang.

Catalytic converter ini berfungsi untuk menyaring sisa gas buang yang beracun agar aman saat keluar lewat knalpot.

Nah ternyata beberapa produk knalpot racing impor, ada yang sudah menyiapkan tempat untuk pemasangan catalytic converter jika diperlukan.

Baca Juga: Menentukan Knalpot Racing Untuk Balap Ternyata Tidak Boleh Asal

“Sebab di pasar luar negeri, punya aturan ketat soal emisi gas buang dan suara agar produk knalpot racing diperbolehkan dipakai di jalan raya,” ujar Trisno, owner bengkel Digioto, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dengan pemasangan catalytic converter, hasilnya emisi gas buang dari knalpot racing pun tetap memenuhi peraturan setempat yang berlaku.

Namun di sisi lain, pengguna motor tetap dapat merasakan sensasi knalpot racing dan tampil beda tanpa melanggar aturan soal suara dan emisi.

“Secara fungsinya sama seperti catalytic converter knalpot standar, hanya saja beda di bentuk dan berupa tambahan, jadi bisa dilepas pasang,” jelasnya.

Baca Juga: Suara Senyap Tapi Tenaga Meningkat, Segini Biaya Bobok Knalpot Motor