Sebanyak 41 Jalan Tol Akan Terapkan Sistem Transaksi Non-tunai Berbasis MLFF, Ini Daftarnya!

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 3 Februari 2021 | 14:02 WIB

Ilustrasi jalan tol (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Sejumlah jalan tol di Indonesia sebentar lagi akan menggunakan sistem pembayaran non-tunai nirsentuh baru yang membuat para pengendara tidak perlu menghentikan kendaraannya.

Adapun sistem pembayaran non-tunai nirsentuh ini menggunakan basis Multi-lane Free Flow (MLFF) berteknologi GNSS (Global Navigation Satelite System) dari perusahaan Hongaria, Roatex Ltd.

Rencanya, sistem baru tersebut akan resmi diterapkan di sejumlah jalan tol pada 2022 mendatang.

Lantas jalan tol mana saja yang akan menggunakan sistem transaksi non-tunai nirsentuh ini?

Baca Juga: Bayar Tol Tanpa Berhenti Dengan Sistem MLFF, Kapan Berlaku? Ini Kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dari unsur akademisi, Eka Pria Anas mengungkapkan, sistem baru dari Roatex nantinya diterapkan pada 41 jalan tol di Pulau Jawa dan Bali.

Pasalnya, puluhan jalan tol itu berkontribusi kurang lebih 80 persen dari total angka traffic secara keseluruhan di Indonesia.

"Termasuk ruas jalan tol di Jabodetabek, Tol Trans Jawa di Semarang, Tol Trans Jawa di Surabaya serta tol di Bali," sebut Eka dikutip GridOto.com dari Kompas.com.

Setelah di Pulau Jawa dan Bali, pihak BPJT juga akan menerapkan sistem pembayaran non-tunai nirsentuh ini di jalan tol lainnya.

"Pada awal operasionalnya, ditargetkan 50 persen ruas jalan tol sudah mengimplementasikan teknologi ini. Kemudian awal 2023 kami targetkan implementasi sistem ini sudah 100 persen," jelas Eka.

Baca Juga: Keren! Nanti Bayar Tol Tanpa Berhenti Bisa Pakai Aplikasi di Smartphone!