Lindungi Cat di Bodi Motor, Apa Bedanya Coating, Wax dan Sealant?

Muhammad Farhan - Senin, 4 Januari 2021 | 10:40 WIB

Ilustrasi coating bodi motor cat doff (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Sama-sama berfungsi untuk melindungi warna cat di bodi motor, apa bedanya coating, wax dan sealent yang banyak tersedia di pasaran?

Buat yang belum paham, istilah tersebut umum digunakan dalam hal detailing atau perawatan cat untuk menjaga tampilan motor keseluruhan.

Meskipun ketiganya berfungsi sebagai proteksi cat bodi, baik coating, wax dan sealent punya perbedaan tersendiri.

“Coating fungsinya memperkuat lapisan pernis, wax menutup celah pernis, sedangkan sealent serupa seperti wax namun punya sifat seperti coating instan,” buka Wahyudi, owner salon motor Resik Tenan, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Pasang Per Kopling Jupiter MX ke Honda Tiger, Bikin Tangan Lebih Enteng

Proses coating dilakukan dengan memberikan lapisan cairan nano ceramic ke permukaan bodi yang kemudian mengeras dan menjadi lapisan anti-gores.

Sedangkan wax, merupakan cairan dengan dasar bahan lilin untuk menjaga kilap bodi motor dengan sifat sementara.

youtube Motor Plus
Ilustrasi pemakaian sealent di bodi motor cat doff

Nah untuk sealent, pemakaiannya mudah seperti wax namun memberikan perlindungan setara coating namun dengan jangka waktu pemakaian atau daya tahan yang lebih singkat.

“Jika coating bisa tahan minimal satu tahun atau lebih tergantung perawatan, sealent bisa tahan sekitar tiga bulan dan wax hanya hitungan minggu atau beberapa kali cuci motor saja,” jelasnya.

Baca Juga: Ini Gejala Sensor CKP Lemah, Sering Menyerang Motor Yang Sudah Berumur!