Line Up Mobil Ramah Lingkungan Semakin Ramai, Gaikindo Sebut Kendala yang Bikin Konsumen 'Galau'

Gayuh Satriyo Wibowo - Senin, 30 November 2020 | 18:04 WIB

Ilustrasi deretan mobil listrik (Gayuh Satriyo Wibowo - )

GridOto.com - Akhir-akhir ini sejumlah agen pemegang merek (APM) di Indonesia mulai berani menawarkan line up kendaraan ramah lingkungan.

Sebut saja Toyota yang menawarkan Toyota Corolla Cross dan CH-R yang termasuk golongan mobil hybrid serta Mitsubishi Outlander yang mengusung penggerak Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Tak hanya kendaraan hybrid, bahkan mobil listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) juga turut meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Seperti Hyundai yang langsung memperkenalkan IONIQ dan Kona Electric sampai Lexus UX 300e.

Baca Juga: Saat Pengisian Baterai, Bisakah Mobil Listrik Hyundai Kona Dinyalakan?

Melansir Kontan.co.id, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara menilai keputusan APM memperkenalkan line up mobil listrik tentu disertai perhitungan yang matang.

"Tinggal menunggu respon pasarnya ke depan bagaimana, antusias atau tidak, tentu kalau antusias bukan tidak mungkin APM akan agresif lagi menambah produk baru," katanya dikutip dari Kontan.co.id, Kamis (26/11).

Youtube/Hyundai Motors Indonesia
Hyundai Motors Indonesia akhirnya merilis dua mobil listrik terbaruya di Tanah Air, yakni IONIQ Electric dan Kona Electric.
Meski pilihan sudah mulai bervariatif, masih banyak hal yang dipertimbangkan masyarakat untuk beralih dari mobil kombusi ke mobil full EV.

Menurutnya hal yang menjadi penghambat utama hijrahnya masyarakat ke kendaraan listrik adalah ketersediaan stasiun pengisian daya.

Baca Juga: Sebelum Beli, Cek Dulu Plus-Minus Punya Mobil Listrik di Indonesia