Seken Keren: Jangan Sampai Salah Isi! Ini Rekomendasi BBM Renault Duster

Naufal Shafly - Minggu, 22 November 2020 | 13:55 WIB

Ilustrasi. Renault Duster 2013 (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Renault Duster mengusung mesin diesel berkapasitas 1.461 cc yang dilengkapi dengan turobcharged.

Menurut Rahma Deny Fernando, punggawa bengkel M&B Renault Specialist, mesin Renault Duster sejatinya kuat dan minim masalah.

Namun, konsumen jangan sampai salah mengisi bahan bakar, karena akan banyak dampak buruk bagi mesin.

“Karena kalau isi bahan bakarnya jelek, biasanya suara mesin akan kedengeran kasar, filter solar dan injektor kotor, dan performa mesin pasti kurang maksimal,” ucap Deny kepada GridOto.com Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Seken Keren: Intip Biaya Servis Renault Duster di Bengkel Spesialis, Mulai Rp 300 Ribu!

"Sebenarnya kalau pakai bahan bakarnya sesuai, perawatannya juga bagus, itu mobil enggak akan ada masalah sih. Mesinnya terhitung bandel, yang paling penting penggunaan bahan bakarnya," lanjutnya.

Ia mengatakan, sejatinya Renault Duster mampu menenggak BBM jenis Biodiesel, tetapi suara mesin akan sedikit kasar dan tenaga sedikit berkurang.

Ilustrasi Mesin Renault Duster


Mengapa demikian? Karena biasanya stok BBM jenis Biodiesel di SPBU telah lama mengendap di penyimpanan, sebab jarang konsumen yang menggunakan BBM ini.

"Di SPBU enggak selalu ada konsumen yang ngisi Biodiesel di sana, jadi kebagiannya bahan bakar yang sudah mengendap lama. Asalkan sirkulasinya di SPBU bagus, pakai Bio Diesel enggak jadi masalah," tukasnya.

Baca Juga: Seken Keren: Panduan Membeli Renault Duster Seken, Fokus ke Isi Kompartemen Mesin

Oleh sebab itu, ia menyarankan konsumen menggunakan bahan bakar dengan Centane Number (CN) yang sesuai rekomendasi pabrikan.

"Rekomendasinya sih tetap pakai Pertamina Dex, tapi kalau ditanya pakai Biodiesel bisa atau enggak? ya tetap bisa," jelas Deny.