Seken Keren: Panduan Membeli Renault Duster Seken, Fokus ke Isi Kompartemen Mesin

Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 21 November 2020 | 16:05 WIB

Ilustrasi Renault Duster (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Bagi sobat yang tertarik memboyong Renault Duster seken, sebaiknya lakukan pengecekan agar mendapatkan unit yang bagus.

Rahma Deny Fernando, selaku punggawa bengkel M&B Renault Specialist mengatakan, perhatian khusus harus ditujukan ke isi kompartemen mesin Renault Duster.

“Cek suara mesin, dan tanya ownernya dia biasa isi bahan bakar pakai apa,” ujarnya kepada GridOto.com, Jum’at (20/11/2020).

“Karena kalau isi bahan bakarnya jelek, biasanya suara mesin akan kedengeran kasar, filter bensin dan injektor kotor, dan performa mesin pasti kurang maksimal,” imbuhnya.

Baca Juga: Seken Keren: Renault Duster, SUV Bermesin Diesel Turbocharger Yang Harganya Bikin Ngiler Sob!

Selain itu, cek dan tanyakan juga apakah sang owner Compact SUV asal Prancis tersebut sudah melakukan ubahan di bagian fanbelt dan AC.

Meskipun penggunaan fanbelt milik mobil lain di Renault Duster lazim dilakukan, Deny mengatakan fanbelt subtitusi yang tidak sesuai dengan dudukannya lah yang harus diwaspadai.

Iman/GridOto.com
Illustrasi mesin Renault Duster.

“Kalau dudukan fanbelt tidak sesuai akibatnya bisa membuat fanbelt loncat. tapi kalau dudukannya masih lurus sejajar seperti asli yang tidak masalah juga,” ujarnya.

“Untuk bagian AC, cek apakah ada sambung kabel terutama dari bagian motor fan,” imbuh pengguna Renault Megane tersebut.